Kamis, 05 November 2015

RPP kurtilas . bola voli


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

   Satuan Pendidikan                                :  SMA NEGERI 1 Manonjaya
Kelas/Semester                     :  X / 1 (Ganjil )
Mata Pelajaran                       : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 
Tema/Topik                             : Teknik Dasar Bola voli 
Waktu                                        : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :                    
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.         Membiasakan berdoa sebelum melakukan aktivitas
2.      Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
3.      Menerapkan prinsip keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
3.      Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
4.      Menjelaskan teknik dasar servis bawah bola voli.
5.      Menjelaskan konsep gerak servis bawah
6.      Melakukan teknik dasar servis bawah bola voli.
      7.      Melakukan teknik dasar servis bawah melalui permainan
C. Kompetensi Dasar dan Indikator:               
1.1     Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga:
a.       Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran
2.1     Berperilaku sportif dalam bermain:
a.     Menghargai teman dan lawan
b.    Menerima kekalahan
c.     Mentaati peraturan permainan
2.2                     Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar:
a.       Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
b.      Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
c.       Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
d.      Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
2.6   Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
a.       Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
b.      Mengikuti semua proses pembelajaran
3.2      Memahami konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola besar:
a.       Menjelaskan konsep gerak fundamental teknik dasar passing bawah
b.      Mengidentifikasikan rangkaian gerak servis bawah
c.       Menjelaskan kesalahan-kesalahan dalam melakukan servis bawah
4.1   Mempraktikkan teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental:
a.         Melakukan  sikap awal servis bawah (kaki, tangan, dan pandangan mata).
b.         Melakukan gerakan servis bawah (kaki, tangan, dan pandangan mata).
c.          Melakukan sikap akhir servis bawah (kaki, tangan, dan pandangan mata)
d.         Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan servis bawah.


D.    Materi Pembelajaran :
  1. Servis bawah bola voli.
                Servis adalah usaha atau upaya  melakukan serangan pertama dengan cara  memukul bola dengan salah satu tangan dengan posisi bola dari bawah.
Teknik dasar (servis bawah)  dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
      
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSa0Turl9Ou1qyBKf0pjg19RlC_xMbft_8c7LK5MJQ09VqvnWUgJb6JXrkNf0lb6Ka-uOjngrlBlNF8i-e5_EGV_ur03Su19t6pD4FNDDZhLEKgEP78Hy_EZ-8cB8LP9StebDpWZH_bV7u/s1600/tekni+dasar+servis+bola+voli.jpg

                Elemen dasar bagi pelaksanaan operan lengan depan atau servis bawah yang baik adalah: a). Gerakan mengambil bola. 1). Mengatur posisi. c). Memukul bola dan d). Mengarahkan bola kearah sasaran.
1.Posisi melangkah,badan dibungkukkan,bertumpu pada tungkai belakang.
2.Bola dilambungkan lengan yang akan memukul diayunkan ke belakang.
3.Bola dipukul dengan tangan sementara tangan diluruskan.
4.Kedua tungkai diluruskan,tubuh sebelah atas ditegakkan,sementara titik berat tubuh berpindah tumpuannya  pada tungkai sebelah depan
E.         Metode Pembelajaran.
1.       Pendekatan: saintifik (scientific)
2.       Problem Based Learning

F.  Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan

Deskripsi
Waktu


Pendahuluan


Ø  Berbaris ,berdoa ,presensi , dan apresepsi dengan mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
Ø  Pengkondisian fisik ,mental , untuk mengikuti pembelajaran .
Ø  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.

Inti
Mengamati
Ø  Membaca buku sumber atau referensi yang berkaitan dengan olahraga bola voli
Ø  Mencari dan membaca informasi berkaiatan dengan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar permaian bola voli dari berbagai sumber media cetak atau elektronik
Ø  Peserta didik mengamati pertandingan bola voli secara langsung dan atau di TV dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar bola voli ( servis bawah dan atas).
Menanya
Ø  Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang cara melakukan servis bawah dan servis atas dari penayangan  video, guru memberikan umpan balik tentang teknik servis bawah dan servis atas.
Ø  Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan bola voli terhadap kesehatan
Mengumpulkan informasi

Ø Melakukan servis bawah dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Ø Melakukan servis bawah dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Ø Melakukan servis atas  dengan berbagai variasi secara individual dan berpasangan dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Mengasosiasi

Ø Mendiskusikan setiap teknik dasar variasi teknik permaian bola voli (servis bawah dan servis atas)  dengan benar dan membuat kesimpulannya
Ø Menemukan hubungan perkenaan bola dengan tangan dengan jalannya/pergerakan bola saat melakukan servis
Ø Menemukan hubungan posisi togok dengan jalannya/pergerakan bola
Ø Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam variasi dan kombinasi teknik  permaian bola voli ( servis bawah dan atas) dengan menunjukkan perilaku  kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Mengkomunikasikan
Ø Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya .
Ø Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan permainan bola voli.
Ø Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikankemenangan tidak berlebih
Ø Memberikan saran perbaikan     keterampilan kepada teman selama melakukan permianan Mendiskusikan setiap teknik dasar variasi teknik permaian bola voli (servis bawah dan servis atas)  dengan benar dan membuat kesimpulannya
10 menit
Penutup

Pendinginan.
Ø  Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi servis bawah
Ø  Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi servis bawah
Ø  Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
Ø  Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan 
Ø  Berdo’a

G.  Alat dan  Sumber Belajar
1.    Alat :
-     Lapangan, Bolavoli, bola karet, cone, pluit.
3.    Sumber Belajar
-     Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-     Buku referensi lain yang sesuai
H Penilaian
1.        Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.





PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
A.      Sportif

1.      Menghargai teman dan lawan

2.      Menerima kekalahan

3.      Mentaati peraturan permainan

B.      Tanggung jawab

1.       Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya

2.       Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan

3.       Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.

4.       Menjaga ketertiban lingkungan sekitar

5.       Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya

C.      Disiplin

1.    Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan

2.    Mengikuti semua proses pembelajaran

JUMLAH

JUMLAH MAKSIMAL  :  10

Berikan tanda cek (v) pada kolom yang sudah disediakan , setiap peserta ujian menunjukan atau menampilakan perilaku yang diharapkan . Tiap perilaku yang di cek (V) mendapatkan nilai 1 .

RUBIK PENILAIAN
SIKAP DALAM PERMAINAN BOLA VOLI


100%
 

X
 
                        Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                            Jumlah skor maksimal

NILAI
KRITERIA
90 - 100
Amat Baik ( AB)
78 - 89
Baik  (B)
66 - 77
Cukup (C)
<  65
Kurang (K)


2.       Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak servis bawah dalam permainan bolavoli.
No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Jumlah


1
2
3
4
1
Jelaskan sikap awal kaki, tangan, dan  pandangan ketika akan melakukan teknik dasar servis bawah pada permainan bolavoli!





2
Jelaskan posisi kaki, tangan, dan  pandangan ketika melakukan servis bawah pada permainan bolavoli!





3
Jelaskan sikap akhir kaki, tangan, dan  pandangan ketika akan melakukan teknik dasar servis bawah pada permainan bolavoli!





4
Jelaskan rangkaian gerakan servis bawah dalam permainan bolavoli !





5
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap awal dalam melakukan servis bawah pada permainan bolavoli!





6
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap perkenaan dalam melakukan servis bawah pada permainan bolavoli!





7
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap akhir dalam melakukan servis bawah pada permainan bolavoli!





Keterangan:
1.       Skor 4:    Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.       Skor 3:     Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.       Skor 2:     Jika  peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.       Skor 1:     Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

100
 

X
 
                                                            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                                            Jumlah skor maksimal




3.       Tes unjuk kerja  (keterampilan): 
1). Lakukan teknik dasar servis bawah
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3

100
 

X
 
                            Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
Jumlah skor maksimal





RUBRIK PENILAIAN  SERVIS  BAWAH

No
Dimensi
Indikator
Deskripsi Gerak
Nilai
3
2
1
1
Sikap Awal
1.       Kaki
-   Salah satu Kaki didepan dengan santai

-   Lutut lurus rilax
-   Salah satu kaki di depan
2.       Tangan
-   Salah satu tangan terkuat

-   Telapak tangan dibuka
-   Posisi ayunan tangan
3.       Badan dan Pandangan Mata
-   Badan sedikit bungkuk

-   Posisi badan relax
-   Pandangan ke depan
2

Pelaksanaan
2.       Kaki

-   Kaki bergerak ke arah datangnya bola

-   Kaki sedikit diulurkan
-   Lutut diluruskan
2.  Tangan
-   Pukullah bola jauh dari badan

-   Tangan lurus, sikut dikunci
-   Perkenaan bola pada lengan bagian bawah
3.      Badan dan Pandangan Mata
-   Berat badan dialihkan ke depan

-   Pinggul bergerak ke depan
-   Pandangan mata ke arah datangnya bola
3
Sikap Akhir
1.       Kaki
-   Salah satu kaki melangkah ke depan

-   Lutut diluruskan
-   Kedua kaki
2.       Tangan
-   Jari tangan digenggam

-   Landasan mengikuti bola ke sasaran
-   Lengan sejajar di bawah bahu
3.       Badan dan Pandangan Mata
-   Pindahkan berat badan ke arah sasaran

-   Badan diluruskan
-   Perhatikan bola ke arah sasaran

Keterangan :
1.          Peserta mendapatkan nilai 3, apabila  ada tiga indikator yang dilakukan benar.
2.          Peserta mendapatkan nilai 2, apabila  ada dua indikator  yang dilakukan benar.
3.          Peserta mendapatkan nilai 1, apabila  ada satu indikator yang dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
4.          Nilai maksimal adalah 27
                               


Memeriksa dan Menyetujui
Guru Pamong
Manonjaya , 27 september 2015

Guru PLP Penjas


N.ELIS NENTI NURHAYATI,S.Pd


IMAM FATHUROHMAN
NIP.196807032002122003                            NIM.122191280

pjkrwis.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar