RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1
Manonjaya
Kelas/Semester : X / 1 (Ganjil )
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Waktu : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran
ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.
Membiasakan berdoa sebelum
melakukan aktivitas
2. Menunjukkan
sikap sportif dalam bermain.
3. Menerapkan
prinsip keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
3. Menunjukkan
sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
4. Menjelaskan teknik dasar servis bawah bola voli.
5. Menjelaskan
konsep gerak servis bawah
6. Melakukan
teknik dasar servis bawah
bola voli.
7. Melakukan teknik dasar servis bawah melalui
permainan
C. Kompetensi
Dasar dan Indikator:
1.1
Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut
dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga:
a.
Berdo’a sebelum dan sesudah
pembelajaran
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain:
a. Menghargai teman dan lawan
b. Menerima kekalahan
c. Mentaati peraturan permainan
2.2 Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana
dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain,
dan lingkungan sekitar:
a. Menjaga dan menggunakan peralatan
pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
b. Mengembalikan peralatan pembelajaran
ketempat yang telah disediakan
c. Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang
lain dalam beraktivitas.
d. Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai
aktivitas fisik:
a. Mengikuti
kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
b. Mengikuti
semua proses pembelajaran
3.2 Memahami konsep keterampilan gerak
fundamental permainan bola besar:
a. Menjelaskan konsep gerak fundamental
teknik dasar passing bawah
b. Mengidentifikasikan rangkaian gerak servis
bawah
c. Menjelaskan kesalahan-kesalahan dalam
melakukan servis bawah
4.1 Mempraktikkan
teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental:
a.
Melakukan sikap awal servis bawah (kaki, tangan, dan
pandangan mata).
b.
Melakukan
gerakan servis bawah (kaki, tangan, dan pandangan mata).
c.
Melakukan
sikap akhir servis bawah (kaki, tangan, dan pandangan mata)
d.
Melakukan
permainan bola voli dengan menggunakan servis bawah.
D. Materi Pembelajaran :
- Servis bawah bola voli.
Servis adalah usaha atau upaya
melakukan serangan pertama dengan cara
memukul bola dengan salah satu tangan dengan posisi bola dari bawah.
Teknik dasar
(servis bawah) dengan rincian kegiatan
sebagai berikut:
Elemen dasar bagi pelaksanaan operan lengan depan atau servis
bawah yang baik adalah: a). Gerakan mengambil bola. 1). Mengatur posisi. c).
Memukul bola dan d). Mengarahkan bola kearah sasaran.
1.Posisi melangkah,badan
dibungkukkan,bertumpu pada tungkai belakang.
2.Bola dilambungkan lengan yang
akan memukul diayunkan ke belakang.
3.Bola dipukul dengan tangan
sementara tangan diluruskan.
4.Kedua tungkai diluruskan,tubuh sebelah atas
ditegakkan,sementara titik berat tubuh berpindah tumpuannya pada tungkai sebelah depan
E. Metode Pembelajaran.
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
2.
Problem Based Learning
F. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Berbaris ,berdoa ,presensi , dan apresepsi dengan
mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya.
Ø Pengkondisian fisik ,mental , untuk mengikuti
pembelajaran .
Ø Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
|
|
Inti
|
Mengamati
Ø Membaca buku sumber atau referensi yang
berkaitan dengan olahraga bola voli
Ø Mencari
dan membaca informasi berkaiatan dengan tentang variasi dan kombinasi teknik
dasar permaian bola voli dari berbagai sumber media cetak atau elektronik
Ø Peserta didik mengamati
pertandingan bola voli secara langsung dan atau di TV dan membuat catatan
tentang variasi dan kombinasi teknik dasar bola voli ( servis bawah dan atas).
Menanya
Ø
Memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang cara melakukan servis bawah dan
servis atas dari penayangan video,
guru memberikan umpan balik tentang teknik servis bawah dan servis atas.
Ø Peserta
didik saling bertanya tentang manfaat permainan bola voli terhadap kesehatan
Mengumpulkan
informasi
Ø Melakukan
servis bawah
dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok
dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Ø Melakukan
servis bawah
dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok
dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Ø Melakukan
servis atas dengan berbagai variasi secara individual
dan berpasangan dengan menunjukkan perilaku
kerjasama,bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan
toleransi selama bermain.
Mengasosiasi
Ø Mendiskusikan setiap teknik dasar variasi teknik
permaian bola voli (servis
bawah dan servis atas) dengan
benar dan membuat
kesimpulannya
Ø Menemukan hubungan perkenaan bola dengan
tangan dengan jalannya/pergerakan bola saat melakukan servis
Ø Menemukan hubungan posisi togok dengan
jalannya/pergerakan bola
Ø Menemukan
dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik
dalam variasi dan kombinasi teknik permaian bola
voli ( servis bawah dan atas)
dengan menunjukkan perilaku kerjasama, bertanggung
jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Mengkomunikasikan
Ø Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang
sesungguhnya .
Ø Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat
peralatan permainan
bola voli.
Ø Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikankemenangan
tidak berlebih
Ø Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama
melakukan permianan
Mendiskusikan setiap teknik dasar variasi teknik
permaian bola voli (servis
bawah dan servis atas) dengan
benar dan membuat
kesimpulannya
|
10 menit
|
Penutup
|
Pendinginan.
Ø Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan
atau tertulis tentang materi servis bawah
Ø Melakukan refleksi oleh guru
dengan melibatkan peserta didik tentang materi servis bawah
Ø Memberikan umpan balik dan
penugasan pada peserta didik
Ø Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan
Ø Berdo’a
|
G.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Lapangan, Bolavoli, bola karet, cone, pluit.
3. Sumber Belajar
-
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
- Buku referensi lain yang sesuai
H. Penilaian
1.
Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati
sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang
diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung
jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang
sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku
yang diharapkan. Tiap perilaku yang di
cek ( √ ) mendapat nilai 1.
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
A.
Sportif
|
|
1. Menghargai teman dan lawan
|
|
2. Menerima kekalahan
|
|
3. Mentaati peraturan permainan
|
|
B.
Tanggung
jawab
|
|
1. Menjaga dan menggunakan peralatan
pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
|
2. Mengembalikan peralatan pembelajaran
ketempat yang telah disediakan
|
|
3. Menjaga keselamatan diri sendiri dan
orang lain dalam beraktivitas.
|
|
4. Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
|
|
5. Menjaga dan menggunakan peralatan
pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
|
C.
Disiplin
|
|
1. Mengikuti
kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
|
|
2. Mengikuti
semua proses pembelajaran
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
MAKSIMAL : 10
|
Berikan tanda cek
(v) pada kolom yang sudah disediakan , setiap peserta ujian menunjukan atau
menampilakan perilaku yang diharapkan . Tiap perilaku yang di cek (V)
mendapatkan nilai 1 .
RUBIK PENILAIAN
SIKAP DALAM PERMAINAN BOLA VOLI
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
Jumlah
skor maksimal
NILAI
|
KRITERIA
|
90 - 100
|
Amat Baik ( AB)
|
78 - 89
|
Baik (B)
|
66 - 77
|
Cukup (C)
|
< 65
|
Kurang (K)
|
2. Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak servis bawah dalam permainan bolavoli.
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Jelaskan
sikap awal kaki, tangan, dan pandangan
ketika akan melakukan teknik dasar servis bawah pada permainan bolavoli!
|
|||||
2
|
Jelaskan posisi kaki, tangan, dan pandangan
ketika melakukan servis bawah
pada permainan bolavoli!
|
|||||
3
|
Jelaskan
sikap akhir kaki, tangan, dan
pandangan ketika akan melakukan teknik dasar servis bawah pada permainan bolavoli!
|
|||||
4
|
Jelaskan rangkaian gerakan servis bawah
dalam permainan bolavoli !
|
|||||
5
|
Jelaskan
kesalahan-kesalahan sikap awal dalam melakukan servis bawah pada permainan bolavoli!
|
|||||
6
|
Jelaskan
kesalahan-kesalahan sikap perkenaan dalam melakukan servis bawah pada permainan bolavoli!
|
|||||
7
|
Jelaskan
kesalahan-kesalahan sikap akhir dalam melakukan servis bawah pada permainan bolavoli!
|
Keterangan:
1. Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga
indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2. Skor 3: Jika peserta didik mampu menjelaskan dua
indikator.
3. Skor 2: Jika
peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4. Skor 1: Jika peserta didik tidak satupun
pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
3. Tes unjuk
kerja (keterampilan):
1). Lakukan teknik
dasar servis bawah
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai
antara 1 sampai dengan 3
|
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
RUBRIK
PENILAIAN SERVIS BAWAH
No
|
Dimensi
|
Indikator
|
Deskripsi Gerak
|
Nilai
|
||
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Sikap
Awal
|
1.
Kaki
|
- Salah satu Kaki didepan dengan santai
|
|||
- Lutut lurus rilax
|
||||||
- Salah
satu kaki di depan
|
||||||
2.
Tangan
|
- Salah satu tangan terkuat
|
|||||
- Telapak tangan dibuka
|
||||||
- Posisi ayunan tangan
|
||||||
3.
Badan dan
Pandangan Mata
|
- Badan sedikit bungkuk
|
|||||
- Posisi
badan relax
|
||||||
- Pandangan
ke depan
|
||||||
2
|
Pelaksanaan
|
2.
Kaki
|
- Kaki
bergerak ke arah datangnya bola
|
|||
- Kaki
sedikit diulurkan
|
||||||
- Lutut
diluruskan
|
||||||
2. Tangan
|
- Pukullah
bola jauh dari badan
|
|||||
- Tangan
lurus, sikut dikunci
|
||||||
- Perkenaan
bola pada lengan bagian bawah
|
||||||
3.
Badan dan Pandangan Mata
|
- Berat
badan dialihkan ke depan
|
|||||
- Pinggul
bergerak ke depan
|
||||||
- Pandangan
mata ke arah datangnya bola
|
||||||
3
|
Sikap
Akhir
|
1.
Kaki
|
- Salah
satu kaki melangkah ke depan
|
|||
- Lutut
diluruskan
|
||||||
- Kedua
kaki
|
||||||
2.
Tangan
|
- Jari
tangan digenggam
|
|||||
- Landasan
mengikuti bola ke sasaran
|
||||||
- Lengan
sejajar di bawah bahu
|
||||||
3.
Badan dan
Pandangan Mata
|
- Pindahkan
berat badan ke arah sasaran
|
|||||
- Badan
diluruskan
|
||||||
- Perhatikan
bola ke arah sasaran
|
Keterangan
:
1.
Peserta
mendapatkan nilai 3, apabila ada tiga
indikator yang dilakukan benar.
2.
Peserta
mendapatkan nilai 2, apabila ada dua
indikator yang dilakukan benar.
3.
Peserta
mendapatkan nilai 1, apabila ada satu
indikator yang dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan
benar
4.
Nilai
maksimal adalah 27
Memeriksa dan Menyetujui
Guru Pamong
|
Manonjaya , 27
september 2015
Guru PLP Penjas
|
N.ELIS NENTI
NURHAYATI,S.Pd
|
IMAM FATHUROHMAN
|
NIP.196807032002122003 NIM.122191280
pjkrwis.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar