Rabu, 11 November 2015

pembelajaran scientifiek (BOLA VOLI )

RANCANGAN PEMBELAJARAN
BOLA VOLI




PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC
PETUNJUK
Kompetensi             :  Mampu merancang kegiatan pembelajaran scientific
Tujuan Kegiatan     :  Melalui  diskusi kelompok peserta mampu merancang kegiatan pembelajaran dengan pendekatan scientific
Langkah Kegiatan:
Untuk Fasilitator
1.    Mintalah peserta untuk mengisi LK perancangan kegiatan pembelajaran scientific
2.    Mintalah peserta untuk saling menukar hasil isian Lembar Kerja perancangan kegiatan pembelajaran scientific dan mendiskusikaan kesesuaiannya
Untuk Peserta
1.    Isilah Lembar Kerja perancangan kegiatan pembelajaran scientific yang diberikan
2.    Setelah selesai, mintalah teman/kelompok lain untuk bertukar hasil kerja
3.    Pelajarilah isian Lembar Kerja teman/kelompok lain dan diskusikan kesesuaiannya

LEMBAR KERJA PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kompetensi Dasar
:
3.1    Memahami konsep keterampilan gerak  fundamental permainan bola besar.
4.1  Mempraktikkan teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental
Topik /Tema
:
BOLA BESAR
Sub Topik/Tema
:
BOLA VOLI
Tujuan Pembelajaran
:
1.    Peserta didik mengikuti peraturan permainan bola voli  dengan baik
2.    Peserta didik dapat menjelaskan  cara pasing bawah  dan sedrvice bawah dengan benar
3.    Peserta didik dapat melakukan pasing bawah dan service bawah dengan dengan benar
4.    Peserta didik dapat menganalisa tehnik dasar pasing bawah dan service bawah bola voli
                          
  Pertemuan Kedua
1.    Peserta didik berdoa sebelum dan sesudah pelajaran dengan baik
2.    Peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran dengan sungguh-sungguh

3.    Peserta didik dapat menjelaskan  cara melakukan pasing bawah dan service bawah bola voli dengan benar
4.    Peserta didik dapat melakukan pasing bawah dan service bawah  bola voli  dengan benar
5.    Peserta didik dapat menganalisa tehnik dasar pasing bawah dan service bawah bola voli
6.    Peserta didik dapat mempraktekkan pasing bawah dan service bawah bola voli dalam permainan sesungguhnya



A.   Pendahuluan 
1. Berbaris
Peserta  didik dibariskan 4 bersaf, peserta didik yang tinggi di sebelah kanan
2. Presensi
Mengecek kehadiran peserta  didik dan menanyakan kesehatan peserta didik secara umum
3. Berdoa
Peserta didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
4. Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara:
a.   Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
b.   Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari
c.   Menjelaskan kriteria penilaian yang akan dilakukan

5. Pemanasan
Menugaskan peserta didik untuk melakukan peregangan (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan. Diupayakan gerakan pemanasan lebih banyak difokuskan pada pemanasan di bagian lengan dan kaki.

B.   Kegiatan inti
MENGAMATI
1.   Mengamati penjelasan konsep dan contoh teknik dasar passing bawah dan service bola voli dengan cara:
a)    Peserta didik dibariskan empat bersaf, baris belakang bergeser ke kanan sedikit sehingga memungkinkan masing-masing dari mereka dapat melihat dengan baik contoh gerakan yang disajikan oleh guru.
b)    Peserta didik diminta untuk mengamati dan mencatat ada berapa indikator kesempurnaan yang ditemukan pada gerakan tersebut.

MENANYA
2.   Mempertanyakan teknik dasar passing bawah permainan bola voli yang benar supaya hasilnya dapat maksimal.
Pada akhir episode penjelasan gerak dan demo dari guru, peserta didik diberi kesempatan untuk menanya pada guru terkait dengan kejelasan dari (1) tujuan gerakan, (2) prosedur gerakan, dan (3) prasarat kemampuan.
MENGUMPULKAN INFORMASI
3.   Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh.
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok berpasangan. Masing-masing kelompok berjumlah 8 peserta didik. Di tiap-tiap kelompok disediakan 1 bola. Di masing-masing kelompok peserta didik melakukan eksplorasi tujuan dan cara yang tepat untuk melakukan passing bawah. Setelah melakukan gerakan passing bawah. Cara yang digunakan adalah tiap kelompok diminta melakukan 1 orang mengumpan dengan melambungkan bola dan 1 orang pasangannya melakukan passing bawah, gerakan ini dilakukan sampai semua siswa dalam suatu kelompok melaksanakan dan saling bergantian. yaitu. Cara ini pun diupayakan diketahui tujuan, prosedur, dan persyaratanya, dan seterusnya hingga mereka mampu mengeksplorasi sebanyak-banyaknya cara melakukan passing bawah. Hasil temuan tiap-tiap kelompok yang berupa cara melakukan passing bawah dicatat untuk dilaporkan kepada guru dan atau dipresentasikan ke kelompok lain.

Berikut adalah contoh melakukan passing bawah yang mungkin dilakukan oleh tiap-tiap kelompok:
a)    Peserta didik berhadapan dengan sikap melangkah kedua lutut sedikit ditekuk.
b)    Pasangan melambungkan bola dengan kedua tangan, kemudian teman pasangannya mengembalikan bola dengan passing bawah, hal ini dilakukan secara bergantian sampai semua siswa melaksanakannya.


c)    Setelah semua siswa melaksanakan passing bawah kemudian dilanjutkan dengan melakukan servis bawah, yaitu berdiri berhadapan dengan jarak 9 meter dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang dengan kedua lutut sedikit ditekuk.




d)    Lakukan servis bawah dan teman pasangannya menangkap bola tersebut dibelakang garis servis lapangan.
e)    Selama pembelajaran siswa diperintah untuk mengamati, merasakan perkenaan bola di lengan (untuk passing bawah) serta merasakan perkenaaan bola di telapak tangan, dan salurkan tenaga ke bola sehingga bola memantul dengan baik (untuk servis bawah).

MENGASOSIASI
4.   Menganalisa hasil temuan kelompok menggunakan format yang disediakan oleh guru.Peserta didik tetap bekerja dalam kelompok masing-masing. Setiap kelompok difasilitasi guru dengan lembar pengamatan dan lembar penilaian gerakanpassing bawah dan servis bawah. Masing-masing gerakan yang berhasil ditemukan, diminta dilakukan ulang oleh masing-masing anggota kelompok dan dinilai menggunakan format dari guru. Cara dan hasil yang ditulis dalam format diserahkan sepenuhnya pada hasil diskusi dalam kelompok. Lembar pengamatan yang sudah dipandang terisi lengkap dan sempurna oleh dalam masing-masing kelompok, selanjutnya dimintakan konfirmasi kepada guru dengan menggunakan format berikut.
Lembar pengamatan passing bawah
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Posisi kaki




3.
Ayunan lengan




4.
Arah perkenaan bola





  Kesimpulan: ..........................................................................................................
                                  .........................................................................................................
          Rencanalanjut: .....................................................................................................
                                      .....................................................................................................          
Lembar pengamatan servis bawah
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Cara melambungkan bola




3.
Ayunan tangan




4.
Perkenaan tangan ke bola





 Kesimpulan: ..........................................................................................................
          Rencana lanjut: .....................................................................................................
             Keterangan lembar pengamatan:  skor 1 gerakan salah, skor 2 gerakan benar
MENGKOMUNIKASIKAN
5.   Paparan kelompok tentang hasil temuan dan penilaian gerakan passing bawah dan servis bawah
a)      Pada sesi ini, guru memberi kesempatan bergiliran pada masing-masing kelompok untuk memaparkan temuan mereka kepada guru dan kelompok lain.
b)      Kelompok lain diminta untuk mencatat kesan dan tanggapan terhadap temuan yang ditampilkan.
c)      Setelah 4 kelompok selesai memaparkan, tiap-tiap kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan mereka masing-masing.
d)      Kegiatan ini diakhiri dengan tanggapan, simpulan umum, apresiasi dan pemberian motivasi dari guru.



C.   Penutup
1. Penenangan (cooling down)
Setelah selesai kegiatan inti, peserta  didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh peserta  didik
2.Kesimpulan
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
3.Penilaian
Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan
4.Refleksi dari guru dan peserta didik
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang materi pembelajaran passing bawah dan servis bawah yang mereka pelajari dari sisi fungsi berbagai teknik passing bawah dan servis bawah, kemudian guru memberi penekanan dari hasil yang disampaikan peserta didik
5.Berdoa
Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
6.Kembali ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar