RANCANGAN
PEMBELAJARAN
BOLA VOLI
PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC
PETUNJUK
Kompetensi : Mampu
merancang kegiatan pembelajaran scientific
Tujuan Kegiatan : Melalui
diskusi kelompok peserta mampu merancang kegiatan pembelajaran dengan
pendekatan scientific
Langkah Kegiatan:
Untuk Fasilitator
1.
Mintalah peserta untuk mengisi LK perancangan
kegiatan pembelajaran scientific
2.
Mintalah peserta untuk saling menukar hasil isian
Lembar Kerja perancangan kegiatan pembelajaran scientific dan mendiskusikaan
kesesuaiannya
Untuk Peserta
1.
Isilah Lembar Kerja perancangan kegiatan
pembelajaran scientific
yang diberikan
2.
Setelah selesai, mintalah teman/kelompok lain
untuk bertukar hasil kerja
3.
Pelajarilah isian Lembar Kerja teman/kelompok
lain dan diskusikan kesesuaiannya
LEMBAR KERJA PERANCANGAN KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1
Memahami
konsep keterampilan gerak fundamental
permainan bola besar.
4.1
Mempraktikkan teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental
|
|||||||
Topik /Tema
|
:
|
BOLA BESAR
|
|||||||
Sub Topik/Tema
|
:
|
BOLA VOLI
|
|||||||
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
Pertemuan
Kedua
|
A.
Pendahuluan
1.
Berbaris
Peserta didik dibariskan 4 bersaf,
peserta didik yang
tinggi di sebelah kanan
2.
Presensi
Mengecek kehadiran peserta didik dan
menanyakan kesehatan peserta didik secara umum
3.
Berdoa
Peserta didik
dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
4. Apersepsi
Guru
membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara:
a. Mengajukan pertanyaan yang terkait
dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi
awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari sekaligus untuk
mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
b. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan
cakupan materi yang akan dipelajari
c. Menjelaskan
kriteria penilaian yang akan dilakukan
5.
Pemanasan
Menugaskan peserta didik untuk melakukan
peregangan (Stretching) yang
dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan
masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan. Diupayakan gerakan pemanasan lebih
banyak difokuskan pada pemanasan di bagian lengan dan kaki.
|
B.
Kegiatan
inti
MENGAMATI
1. Mengamati penjelasan
konsep dan contoh
teknik dasar passing
bawah dan service
bola voli dengan cara:
a)
Peserta
didik dibariskan empat bersaf, baris belakang bergeser ke kanan sedikit
sehingga memungkinkan masing-masing dari mereka dapat melihat dengan baik
contoh gerakan yang disajikan oleh guru.
b)
Peserta
didik diminta untuk mengamati dan mencatat ada berapa indikator kesempurnaan
yang ditemukan pada gerakan tersebut.
MENANYA
2. Mempertanyakan teknik dasar passing
bawah permainan bola voli yang benar supaya hasilnya dapat maksimal.
Pada akhir episode
penjelasan gerak dan demo dari guru, peserta didik diberi kesempatan untuk
menanya pada guru terkait dengan kejelasan dari (1) tujuan gerakan, (2)
prosedur gerakan, dan (3) prasarat kemampuan.
MENGUMPULKAN INFORMASI
3. Mempraktikkan
atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh.
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
berpasangan. Masing-masing kelompok berjumlah 8 peserta didik. Di tiap-tiap
kelompok disediakan 1 bola. Di masing-masing kelompok peserta didik melakukan
eksplorasi tujuan dan cara yang tepat untuk melakukan passing bawah. Setelah
melakukan gerakan passing bawah. Cara yang digunakan adalah tiap
kelompok diminta melakukan 1 orang mengumpan dengan
melambungkan bola dan 1
orang pasangannya melakukan passing bawah, gerakan ini dilakukan sampai semua
siswa dalam suatu kelompok melaksanakan dan saling bergantian. yaitu. Cara
ini pun diupayakan diketahui tujuan, prosedur, dan persyaratanya, dan
seterusnya hingga mereka mampu mengeksplorasi sebanyak-banyaknya cara
melakukan passing bawah. Hasil temuan tiap-tiap kelompok yang berupa cara
melakukan passing bawah dicatat untuk dilaporkan kepada guru dan atau
dipresentasikan ke kelompok lain.
Berikut adalah contoh
melakukan passing bawah yang mungkin dilakukan oleh tiap-tiap kelompok:
a)
Peserta didik
berhadapan dengan sikap melangkah kedua lutut sedikit ditekuk.
b)
Pasangan
melambungkan bola dengan kedua tangan, kemudian teman pasangannya
mengembalikan bola dengan passing bawah, hal ini dilakukan secara bergantian
sampai semua siswa melaksanakannya.
c)
Setelah
semua siswa melaksanakan passing bawah kemudian dilanjutkan dengan melakukan
servis bawah, yaitu berdiri berhadapan dengan jarak 9 meter dengan kaki kiri
di depan dan kaki kanan di belakang dengan kedua lutut sedikit ditekuk.
d)
Lakukan
servis bawah dan teman pasangannya menangkap bola tersebut dibelakang garis
servis lapangan.
e)
Selama
pembelajaran siswa diperintah untuk mengamati, merasakan perkenaan bola di
lengan (untuk passing bawah) serta merasakan perkenaaan bola di telapak
tangan, dan salurkan tenaga ke bola sehingga bola memantul dengan baik (untuk
servis bawah).
MENGASOSIASI
4. Menganalisa
hasil temuan kelompok menggunakan format yang disediakan oleh guru.Peserta
didik tetap bekerja dalam kelompok masing-masing. Setiap kelompok
difasilitasi guru dengan lembar pengamatan dan lembar penilaian gerakanpassing bawah dan servis bawah. Masing-masing
gerakan yang berhasil ditemukan, diminta dilakukan ulang oleh masing-masing
anggota kelompok dan dinilai menggunakan format dari guru. Cara dan hasil
yang ditulis dalam format diserahkan sepenuhnya pada hasil diskusi dalam
kelompok. Lembar pengamatan yang sudah dipandang terisi lengkap dan sempurna
oleh dalam masing-masing kelompok, selanjutnya dimintakan konfirmasi
kepada guru dengan menggunakan format berikut.
Lembar pengamatan passing bawah
Kesimpulan:
..........................................................................................................
.........................................................................................................
Rencanalanjut:
.....................................................................................................
.....................................................................................................
Lembar pengamatan servis bawah
Kesimpulan:
..........................................................................................................
Rencana lanjut:
.....................................................................................................
Keterangan lembar
pengamatan: skor 1 gerakan salah, skor
2 gerakan benar
MENGKOMUNIKASIKAN
5. Paparan kelompok tentang hasil
temuan dan penilaian gerakan passing bawah dan servis bawah
a) Pada sesi ini, guru memberi
kesempatan bergiliran pada masing-masing kelompok untuk memaparkan temuan
mereka kepada guru dan kelompok lain.
b) Kelompok lain diminta untuk mencatat
kesan dan tanggapan terhadap temuan yang ditampilkan.
c) Setelah 4 kelompok selesai
memaparkan, tiap-tiap kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan
mereka masing-masing.
d) Kegiatan ini diakhiri dengan
tanggapan, simpulan umum, apresiasi dan pemberian motivasi dari guru.
|
C.
Penutup
1.
Penenangan (cooling
down)
Setelah selesai kegiatan inti, peserta didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh
peserta didik
2.Kesimpulan
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh
proses pembelajaran yang telah selesai
3.Penilaian
Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses
pembelajaran secara transparan
4.Refleksi
dari guru dan peserta didik
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
menyampaikan pendapatnya tentang materi pembelajaran passing bawah dan servis bawah yang mereka
pelajari dari sisi fungsi berbagai teknik passing bawah dan servis bawah, kemudian guru
memberi penekanan dari hasil yang disampaikan peserta didik
5.Berdoa
Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin
berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
6.Kembali
ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan
tertib, bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat
semula.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar