Kamis, 05 November 2015

keterampilan mengajar



KETERMAPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN TERPADU

                               I.            PENGERTIAN

Keterampilan membuka pelajaran merupakan keterampilan yang berkaitan dengan usaha guru dalam memulai kegiatan pembelajaran , sedangkan menutup pelajaran adalah keterampilan yg berkaitan dg uasah guru dalam mengakhiri kegiatan pembelajaran.

                            II.            MANFAAT

a.       Manfaat keterampilan membuka pelajaran :
·         Menyiapkan mental siswa memasuki kegiatan inti pembelajaran.
·         Membangkitkan motivasi dan perhatian siswa (attention) dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
·         Memberikan gambaran yang jelas tentang aktivitas belajar yang akan dilakukan dan batas-batas tugas yang harus dikerjakan.
·         Menyadarkan siswa akan adanya keterkaitan antara pengalaman yang sudah dimiliki dengan tema yang akan dipelajarinya.


b.       Manfaat keterampilan menutup pelajaran :
·         Memantapkan pemahaman siswa terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilaluinya.
·         Mengetahui tingkat keberhasilan dari pelaksanaan pembelajaran terpadu.
·         Menetapkan kegiatan tindak lanjut yang harus dilakukan siswa untuk mengembangkan kompetensi yang telah dikuasainya





                         III.            KOMPONEN KETERAMPILAN MEMBUKA PELAJARAN

Ø  MENUMBUHKAN PEREHATIAN SISWA

Perhatian (attention) merupakan salah satu prinsip yang diperlukan dalam belajar. Perhatian pada hakikatnya adalah pemusatan energi psikis pada suatu objek yang dipelajari. Tanpa perhatian yang baik maka proses dan hasil belajar dipastikan tidak akan tercapai dengan memuaskan.

Hal-hal yang bisa menarik perhatian siswa :
·         Variasi gaya mengajar
·         Penggunaan media pembelajaran
·         Penggunaan pola interaksi pembelajaran yang bervariasi


Ø  MEMBANGKITKAN MOTIVASI SISWA

Guru hendaknya berusaha membangkitkan motivasi siswa pada awal kegiatan pembelajaran atau setiap awal penggal kegiatan pembelajaran.

Beberapa cara yang dapat dilakukan guru untuk membangkitkan motivasi siswa :
Ø  Memperlihatkan sikap hangat dan antusias
Ø  Menimbulkan rasa ingin tahu (curiosity)
Ø  Mengemukakan ide yang bertentangan
Ø  Memperhatikan minat siswa


Ø  MEMBERI ACUAN
Pemberian acuan dalam kegiatan membuka pelajaran bertujuan untuk memberikan gambaran singkat tentang suatu tema yang akan dipelajari siswa.

Pemberian acuan ini dapat dilakukan dg menggunakan cara berikut:
§  Mengemukakan tujuan dan batas tugas
§  Menjelaskan langkah pembelajaran
§  Mengingatkan inti tema yg akan dipelajari
§  Mengajukan pertanyaan

Ø  MEMBUAT KAITAN
Upaya guru untuk mengaitkan bahan pelajaran yang sudah disampaikan dengan bahan pelajaran yang akan disampaikan disebut apersepsi (apperception) yang dilakukan pada kegiatan awal pembelajaran.
                         IV.            KOMPONEN KETERAMPILAN MENUTUP PELAJARAN

                                                         i.            Meninjau kembali (review)

Untuk mengetahui sampai sejauh mana siswa menguasai bahan pelajaran yang telah dibahas maka pada setiap penggal kegiatan pembelajaran , guru perlu melakukan peninjauan kembali tentang penguasaan siswa tersebut.


                                                      ii.            Melakukan penilaian

Bentuk-bentuk penilaian :

o   Melakukan tanya jawab secara lisan
o   Meminta salah seorang siswa untuk menunjukan kemampuan sebagai hasil belajarnya
o   Meminta salah seorang siswa untuk mengaplikasikan hasil belajar yang telah diperolehnya
o   Meminta siswa untuk memnyatakan pendapat tentang bahan dan kegiatan belajar yang telah dibahas
o   Memberikan soal-soal tertulis yang dapat dikerjakan oleh siswa di luar kelas (PR)


v Prinsip-prinsip keterampilan membuka dan menutup pelajaran :

1.       Prinsip kebermaknaan
2.       Prinsip kesinambungan dan keutuhan






KEGIATAN BELAJAR 2
KETERAMPILAN MENJELASKAN DAN BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN TERPADU

A.    PENGERTIAN

Keterampilan menjelaskan mengandung makna membuat sesuatu menjadi jelas, informasi dijelaskan secara sistematis sehinggasiswa mempunyai gambaran yang jelas tentang hubungan informasi yang satu dengan yg lain.


B.     MANFAAT

Keterampilan menjelaskan memberi manfaat diantaranya :

*      Membantu siswa memahami berbagai konsep dari tema yang sedang dipelajari
*      Meningkatkan keterlibatan siswa dalam memecahkan berbagai masalah melalui cara berpikir yang sistematis dan terintegrasi
*      Memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan
*      Meningkatkan efektifitas pembicaraan di kelas sehingga benar-benar merupakan penjelasan yg bermakna bagi siswa
*      Membantu siswa menggali pengetahuan dari berbagai sumber
*      Mengatasi kekurangan berbagai sumber belajar yang diperlukan
*      Menggunakan waktu secara lebih efektif dan efisien

Keterampilan bertanya memberi manfaat sebagai berikut :
*      Meningkatkan kegiatan belajar yang lebih bervariasi dan bermakna
*      Mendorong siswa untuk berperan sebagai sumber informasi
*      Memupuk kebiasaan siwa untuk selalu bertanya
*      Meningkatkan keterlibatan siswa secara mental-intelektual
*      Menumbuhkan keberanian siswa untuk mengajukan pertanyaan
*      Menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah di bahas


C.    KOMPONEN-KOMPONEN KETERAMPILAN MENJELASKAN

1.       KEJELASAN

Komponen kejelasan ini berkaitan dengan bagaimana guru dapat menyampaikan informasi kepada siswa mengenai isi tema yang dipelajari dengan jelas.

Kejelasan ini biasanya menyangkut hal-hal berikut:
a)       Kelancaran dan kejelasan ucapan dalam berbicara
b)       Susunan kalimat yg digunakan
c)       Penggunaan istilah

2.       PENGGUNAAN CONTOH DAN ILUSTRASI

Pada umumnya siswa sekolah dasar masih berada pada taraf berfiir secara konkret, oleh karena itu diupayakan dalam memberikan penjelasaan, guru selalu menggunakan contoh contoh yang konkret.


3.       PEMBERIAN TEKANAN

Dalam memberikan penekanan terhadap inti dari materi, guru harus menguasai variasi gaya mengajar (teaching style) dan menguasai struktur penyajian materi pembelajaran.

4.       UMPAN BALIK (Feedback)

Pada saat memberikan penjelasaan, guru hendaknya meluangkan waktu untuk senantiasa mengecek pemahaman para siswa, misalnya dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai apa yang telah dijelaskan.



D.   KOMPONEN-KOMPONEN KETERAMPILAN BERTANYA
§  Pengungkapan pertanyaan yang jelas dan singkat
§  Pemberian acuan
§  Pemusataan
§  Pemindahan giliran dan penyebaran pertanyaan
§  Pemberian waktu berpikir
§  Pemberian Tuntunan

KEGIATAN BELAJAR 3
KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN DAN VARIASI DALAM PEMBELAJARAN TERPADU

a)     PENGERTIAN

o   Keterampilan memberi penguatan pada dasarnya merupakan suatu kemampuan guru dalam memberikan respon terhadap perilaku atau perbuatan siswa yg dianggap positif, dan menyebabkan berulangnya kembali atau meningkatnya perilaku tersebut.

o   Keterampilan mengadakan variasi berkenaan dg berybahnya suatu keadaan yang bisa menyebabkan keadaan tersebut menjadi tidak monoton dan membosannkan atau menjenuhkan.

b)    MANFAAT
·        Manfaat Keterampilan memberi penguatan :
ü  Membangkitkan dan memelihara perhatian dan motivasu belajar siswa.
ü  Memberikan kemudahan kepada siswa untuk mempelajari tema yg dianggap memiliki tingkat kesulitan yg tinggi.
ü  Mengontrol dan memodifikasi tingkah laku siswa.
ü  Menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa.
ü  Memelihara iklim kelas yang kondusif

·        Manfaat keterampilan Variasi :
ü  Menumbuhkan dan meningkatkan motivasi dan perhatian siswa.
ü  Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan rasa ingin tau.
ü  Memupuk perilaku positif siswa terhadap guru.
ü  Menghindarkan siswa dari proses belajar yang membosankan dan monoton.
ü  Meningkatkan kadar keaktifan dan keterlibatan siswa dalam berbagai pengalaman pembelajaran yang menarik dan terarah.
ü  Melayani karakteristik siswa dan gaya belajarnya yang beraneka ragam.

c)     KOMPONEN PADA KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN

*      Penguatan verbal (verbal reinforcement)
Penguatan yang dilakukan secara verbal merupakan penguatan yang hanya menggunakan kata-kata atau kalimat saja.
*      Penguatan non-verbal (non-verbal Reinforcement)
Penguatan non-verbal bisa dilakukan dengan cara-cara seperti : Raut wajah atau mimik muka, gerakan atau isyarat badan, gerak mendekati siswa, sentuhan, kegiatan yang menyenangkan, simbol atau tanda, dan penguatan dg benda atau barang.

d)    KOMPONEN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI

Ø Variasi dalam gaya mengajar

v Penggunaan variasi suara
Penggunaan variasi suara berkaitan dengan perubahan nada suara guru dari keras menjadi lemah atau sebaliknya, pengaturan variasi tersebut sangat penting dilakukan untuk mengurangi kejenuhan.

v Variasi dengan pemusatan perhatian
Guru dapat menggunakan ungkapan-ungkapan verbal untuk memusatkan perhatian siswa.

v Variasi dengan kesenyapan
Menarik perhatian siswa dari kondisi suasana kelas yang gaduh menjadi tenang/senyap.

v Variasi dengan kontak pandang
Pengguanaan variasi ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan intensitas dari interaksi anata guru dan siswa.

v Variasi dengan gerakan badan dan mimik
Keluwesan guru dalam bergerak disertai mimik muka yang penuh ekspresi dapat menjadi alat komunikasi yang bagus.
                                                                                

v Variasi dengan perubahan posisi guru
Hal ini dimaksudkan untuk mempertahannkan perhatian murid.

1)     Variasi dalam pola interaksi Pembelajaran

o   Pola interaksi satu arah




 



                                                                                                                    


o   Pola interaksi dua arah








Bevel: guru





Bevel: Siswa
 




                                                                                                              


o   Pola interaksi banyak arah



 




                                                                                                                               
2)     Variasi dalam penggunaan media

Dalam hal ini siswa diharapkan dapat mempelajari sesuatu secara nyata.

o   Media visual
Media visual ialah media yg hanya dapat dilihat.

o   Media audio
Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat di dengar) yang dapat merangsang pikiran ,perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk mempelajari isi tema.

o   Media audio-visual
Media ini merupakn perpaduan  dari media audio dan media visual.






































Thank’s a lot ..

Daftar isi

i.                     Kata pengantar.............................................................................................           1
ii.                   Ketrampilan membuka dan menutup pelajaran ....................................      2
iii.                  Komponen keterampilan membuka pelajaran .......................................     3
iv.                Komponen keterampilan menutup pelajaran .........................................     4
v.                  Keterampilan menjelaskan dan bertanya ...............................................   5
vi.                Komponen ktrampilan menjelaskan dan bertanya ...............................      6
vii.               Ktrampilan memberi penguatan dan variasi .........................................     7
viii.             Komponen memberi penguatan dan variasi ..........................................    8
ix.                 Penutup .........................................................................................................        9











Kata pengantar
Assalamualaikum wr.wb
Puji syukur kehadirat ALLAH Azza wajalla yang telah memberikan nikmat dan karunia-NYA shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan pada teladan utama manusia nabi Muhammad SAW, keluarga dan seluruh umatnya.
Makalah ini disusun dengan tujuan untuk membantu guru dalam menerapkan komponen-komponen dasar mengajar dalam pembelajaran terpadu.
Semoga makalah ini bisa membantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar