KETERMAPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN TERPADU
I.
PENGERTIAN
Keterampilan
membuka pelajaran merupakan keterampilan yang berkaitan dengan usaha guru dalam
memulai kegiatan pembelajaran , sedangkan menutup pelajaran adalah keterampilan
yg berkaitan dg uasah guru dalam mengakhiri kegiatan pembelajaran.
II.
MANFAAT
a.
Manfaat keterampilan membuka pelajaran
:
·
Menyiapkan mental siswa memasuki
kegiatan inti pembelajaran.
·
Membangkitkan motivasi dan perhatian
siswa (attention) dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
·
Memberikan gambaran yang jelas tentang
aktivitas belajar yang akan dilakukan dan batas-batas tugas yang harus
dikerjakan.
·
Menyadarkan siswa akan adanya
keterkaitan antara pengalaman yang sudah dimiliki dengan tema yang akan
dipelajarinya.
b.
Manfaat keterampilan menutup pelajaran
:
·
Memantapkan pemahaman siswa terhadap
proses dan hasil belajar yang telah dilaluinya.
·
Mengetahui tingkat keberhasilan dari
pelaksanaan pembelajaran terpadu.
·
Menetapkan kegiatan tindak lanjut yang
harus dilakukan siswa untuk mengembangkan kompetensi yang telah dikuasainya
III.
KOMPONEN KETERAMPILAN MEMBUKA PELAJARAN
Ø MENUMBUHKAN
PEREHATIAN SISWA
Perhatian
(attention) merupakan salah satu prinsip yang diperlukan dalam belajar.
Perhatian pada hakikatnya adalah pemusatan energi psikis pada suatu objek yang
dipelajari. Tanpa perhatian yang baik maka proses dan hasil belajar dipastikan
tidak akan tercapai dengan memuaskan.
Hal-hal
yang bisa menarik perhatian siswa :
·
Variasi gaya mengajar
·
Penggunaan media pembelajaran
·
Penggunaan pola interaksi pembelajaran
yang bervariasi
Ø MEMBANGKITKAN
MOTIVASI SISWA
Guru
hendaknya berusaha membangkitkan motivasi siswa pada awal kegiatan pembelajaran
atau setiap awal penggal kegiatan pembelajaran.
Beberapa
cara yang dapat dilakukan guru untuk membangkitkan motivasi siswa :
Ø Memperlihatkan
sikap hangat dan antusias
Ø Menimbulkan
rasa ingin tahu (curiosity)
Ø Mengemukakan
ide yang bertentangan
Ø Memperhatikan
minat siswa
Ø MEMBERI
ACUAN
Pemberian
acuan dalam kegiatan membuka pelajaran bertujuan untuk memberikan gambaran
singkat tentang suatu tema yang akan dipelajari siswa.
Pemberian
acuan ini dapat dilakukan dg menggunakan cara berikut:
§ Mengemukakan
tujuan dan batas tugas
§ Menjelaskan
langkah pembelajaran
§ Mengingatkan
inti tema yg akan dipelajari
§ Mengajukan
pertanyaan
Ø MEMBUAT
KAITAN
Upaya guru untuk mengaitkan bahan pelajaran yang
sudah disampaikan dengan bahan pelajaran yang akan disampaikan disebut
apersepsi (apperception) yang dilakukan pada kegiatan awal pembelajaran.
IV.
KOMPONEN KETERAMPILAN MENUTUP PELAJARAN
i.
Meninjau
kembali (review)
Untuk
mengetahui sampai sejauh mana siswa menguasai bahan pelajaran yang telah
dibahas maka pada setiap penggal kegiatan pembelajaran , guru perlu melakukan
peninjauan kembali tentang penguasaan siswa tersebut.
ii.
Melakukan
penilaian
Bentuk-bentuk
penilaian :
o
Melakukan tanya jawab secara lisan
o
Meminta salah seorang siswa untuk
menunjukan kemampuan sebagai hasil belajarnya
o
Meminta salah seorang siswa untuk
mengaplikasikan hasil belajar yang telah diperolehnya
o
Meminta siswa untuk memnyatakan
pendapat tentang bahan dan kegiatan belajar yang telah dibahas
o
Memberikan soal-soal tertulis yang
dapat dikerjakan oleh siswa di luar kelas (PR)
v Prinsip-prinsip keterampilan membuka dan menutup
pelajaran :
1.
Prinsip kebermaknaan
2.
Prinsip kesinambungan dan keutuhan
KEGIATAN BELAJAR 2
KETERAMPILAN MENJELASKAN DAN BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN
TERPADU
A. PENGERTIAN
Keterampilan menjelaskan mengandung makna membuat sesuatu menjadi jelas,
informasi dijelaskan secara sistematis sehinggasiswa mempunyai gambaran yang
jelas tentang hubungan informasi yang satu dengan yg lain.
B. MANFAAT
Keterampilan menjelaskan memberi
manfaat diantaranya :
Membantu siswa memahami berbagai
konsep dari tema yang sedang dipelajari
Meningkatkan keterlibatan siswa dalam
memecahkan berbagai masalah melalui cara berpikir yang sistematis dan
terintegrasi
Memperkirakan tingkat pemahaman siswa
terhadap penjelasan yang diberikan
Meningkatkan efektifitas pembicaraan
di kelas sehingga benar-benar merupakan penjelasan yg bermakna bagi siswa
Membantu siswa menggali pengetahuan
dari berbagai sumber
Mengatasi kekurangan berbagai sumber
belajar yang diperlukan
Menggunakan waktu secara lebih efektif
dan efisien
Keterampilan
bertanya memberi manfaat sebagai berikut :
Meningkatkan kegiatan belajar yang
lebih bervariasi dan bermakna
Mendorong siswa untuk berperan sebagai
sumber informasi
Memupuk kebiasaan siwa untuk selalu
bertanya
Meningkatkan keterlibatan siswa secara
mental-intelektual
Menumbuhkan keberanian siswa untuk
mengajukan pertanyaan
Menguji pemahaman siswa terhadap
materi yang telah di bahas
C. KOMPONEN-KOMPONEN
KETERAMPILAN MENJELASKAN
1.
KEJELASAN
Komponen
kejelasan ini berkaitan dengan bagaimana guru dapat menyampaikan informasi
kepada siswa mengenai isi tema yang dipelajari dengan jelas.
Kejelasan
ini biasanya menyangkut hal-hal berikut:
a)
Kelancaran dan kejelasan ucapan dalam
berbicara
b)
Susunan kalimat yg digunakan
c)
Penggunaan istilah
2.
PENGGUNAAN CONTOH DAN ILUSTRASI
Pada
umumnya siswa sekolah dasar masih berada pada taraf berfiir secara konkret,
oleh karena itu diupayakan dalam memberikan penjelasaan, guru selalu
menggunakan contoh contoh yang konkret.
3.
PEMBERIAN TEKANAN
Dalam
memberikan penekanan terhadap inti dari materi, guru harus menguasai variasi
gaya mengajar (teaching style) dan menguasai struktur penyajian materi pembelajaran.
4.
UMPAN BALIK (Feedback)
Pada
saat memberikan penjelasaan, guru hendaknya meluangkan waktu untuk senantiasa
mengecek pemahaman para siswa, misalnya dengan cara mengajukan
pertanyaan-pertanyaan mengenai apa yang telah dijelaskan.
D. KOMPONEN-KOMPONEN
KETERAMPILAN BERTANYA
§ Pengungkapan
pertanyaan yang jelas dan singkat
§ Pemberian
acuan
§ Pemusataan
§ Pemindahan
giliran dan penyebaran pertanyaan
§ Pemberian
waktu berpikir
§ Pemberian
Tuntunan
KEGIATAN
BELAJAR 3
KETERAMPILAN
MEMBERI PENGUATAN DAN VARIASI DALAM PEMBELAJARAN TERPADU
a) PENGERTIAN
o
Keterampilan memberi penguatan pada
dasarnya merupakan suatu kemampuan guru dalam memberikan respon terhadap
perilaku atau perbuatan siswa yg dianggap positif, dan menyebabkan berulangnya
kembali atau meningkatnya perilaku tersebut.
o
Keterampilan mengadakan variasi
berkenaan dg berybahnya suatu keadaan yang bisa menyebabkan keadaan tersebut
menjadi tidak monoton dan membosannkan atau menjenuhkan.
b) MANFAAT
·
Manfaat
Keterampilan memberi penguatan :
ü Membangkitkan
dan memelihara perhatian dan motivasu belajar siswa.
ü Memberikan
kemudahan kepada siswa untuk mempelajari tema yg dianggap memiliki tingkat
kesulitan yg tinggi.
ü Mengontrol
dan memodifikasi tingkah laku siswa.
ü Menumbuhkan
rasa percaya diri pada siswa.
ü Memelihara
iklim kelas yang kondusif
·
Manfaat
keterampilan Variasi :
ü Menumbuhkan
dan meningkatkan motivasi dan perhatian siswa.
ü Memberikan
kesempatan pada siswa untuk mengembangkan rasa ingin tau.
ü Memupuk
perilaku positif siswa terhadap guru.
ü Menghindarkan
siswa dari proses belajar yang membosankan dan monoton.
ü Meningkatkan
kadar keaktifan dan keterlibatan siswa dalam berbagai pengalaman pembelajaran
yang menarik dan terarah.
ü Melayani
karakteristik siswa dan gaya belajarnya yang beraneka ragam.
c) KOMPONEN
PADA KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN
Penguatan verbal (verbal
reinforcement)
Penguatan
yang dilakukan secara verbal merupakan penguatan yang hanya menggunakan
kata-kata atau kalimat saja.
Penguatan non-verbal (non-verbal Reinforcement)
Penguatan
non-verbal bisa dilakukan dengan cara-cara seperti : Raut wajah atau mimik
muka, gerakan atau isyarat badan, gerak mendekati siswa, sentuhan, kegiatan
yang menyenangkan, simbol atau tanda, dan penguatan dg benda atau barang.
d) KOMPONEN
KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI
Ø Variasi dalam gaya mengajar
v Penggunaan variasi suara
Penggunaan
variasi suara berkaitan dengan perubahan nada suara guru dari keras menjadi
lemah atau sebaliknya, pengaturan variasi tersebut sangat penting dilakukan untuk
mengurangi kejenuhan.
v Variasi dengan pemusatan perhatian
Guru
dapat menggunakan ungkapan-ungkapan verbal untuk memusatkan perhatian siswa.
v Variasi dengan kesenyapan
Menarik
perhatian siswa dari kondisi suasana kelas yang gaduh menjadi tenang/senyap.
v Variasi dengan kontak pandang
Pengguanaan
variasi ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan intensitas dari interaksi
anata guru dan siswa.
v Variasi dengan gerakan badan dan mimik
Keluwesan
guru dalam bergerak disertai mimik muka yang penuh ekspresi dapat menjadi alat
komunikasi yang bagus.
v Variasi dengan perubahan posisi guru
Hal
ini dimaksudkan untuk mempertahannkan perhatian murid.
1)
Variasi dalam pola interaksi
Pembelajaran
o Pola interaksi satu arah
o Pola interaksi dua arah
o Pola interaksi banyak arah
2)
Variasi dalam
penggunaan media
Dalam hal ini siswa diharapkan dapat
mempelajari sesuatu secara nyata.
o Media visual
Media visual ialah media yg hanya dapat
dilihat.
o Media audio
Media audio adalah media yang
mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat di dengar) yang dapat
merangsang pikiran ,perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk mempelajari
isi tema.
o Media audio-visual
Media ini merupakn perpaduan dari media audio dan media visual.
Thank’s
a lot ..
Daftar isi
i.
Kata
pengantar............................................................................................. 1
ii.
Ketrampilan
membuka dan menutup pelajaran .................................... 2
iii.
Komponen
keterampilan membuka pelajaran ....................................... 3
iv.
Komponen
keterampilan menutup pelajaran ......................................... 4
v.
Keterampilan
menjelaskan dan bertanya ............................................... 5
vi.
Komponen
ktrampilan menjelaskan dan bertanya ............................... 6
vii.
Ktrampilan
memberi penguatan dan variasi ......................................... 7
viii.
Komponen
memberi penguatan dan variasi .......................................... 8
ix.
Penutup
......................................................................................................... 9
Kata
pengantar
Assalamualaikum wr.wb
Puji syukur kehadirat ALLAH Azza wajalla yang
telah memberikan nikmat dan karunia-NYA shalawat dan salam semoga senantiasa
terlimpahkan pada teladan utama manusia nabi Muhammad SAW, keluarga dan seluruh
umatnya.
Makalah ini disusun dengan tujuan untuk membantu
guru dalam menerapkan komponen-komponen dasar mengajar dalam pembelajaran
terpadu.
Semoga
makalah ini bisa membantu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar