Jumat, 06 November 2015

RPP IPA SEKOLAH DASAR



            RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester               : IV / 2
Alokasi Waktu                 : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi         : Memahami perubahan penampakan permukaan bumi dan benda langit
Kompetensi Dasar           : Mendeskripsikan perubahan penampakan bumi
Indikator                          : -Menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi perubahan daratan
                                                 -Menjelaskan berbagai cara untuk menanggulangi perubahan bumi (erosi,abrasi)
Pendidikan Budaya dan karakter Bangsa
Rasa ingin tahu: mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi anggota tubuh  dan perawatan nya
 Demokratis: Membiasakan diri bermusyawarah dengan teman-teman.
 Kerja keras: Mengerjakan tugas-tugas dari guru pada waktunya.
 Toleransi: Bekerja sama dengan teman yang berbeda agama, suku, dan etnis dalam
 kegiatan-kegiatan kelas dan sekolah
Menghargai prestasi: Rajin belajar untuk berprestasi tinggi.

I.      Tujuan Pembelajaran
-     Anak bisa memahami perubahan penampakan permukaan bumi dan benda langit

II.    Materi Pokok
-     Perubahan penampakan bumi

III.   Metode
-     Ceramah
-     Tanya jawab
-     Diskusi

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran
·    Pertemuan 1
A.  Kegiatan Awal (eksplorasi)
-     Mengatur kelas
-     Menyiapkan dan bahan pelajaran
B.   Kegiatan Inti (elaborasi)
-     Berdasar skema dan pengamatan langsung siswa mendiskripsikan perubahan penampakan permukaan bumi dan benda langit
-     Penjelasan tentang pengertian permukaan bumi dan benda langit
C.   Penutup (konfirmasi)
-     Merangkum materi
-     Mengadakan evaluasi


V.    Alat / Bahan / Sumber
Sumber          :   - Buku IPA kelas IV terbitan Erlangga
                          - Buku lain yang relevan
Alat / bahan   :   Sesuai dengan lembar kerja

VI.   Penilaian
-     Tes tertulis
-     Tes perbuatan
-     Instrumen penilaian terlampir

Tes tertulis
-          Pada siang hari bumi tampak terang karena ….
-          Benda langit yang memancarkan cahaya sendiri disebut ….
-          Tuliskan benda-benda langit yang mudah dilihat tanpa alat bantu …
-          Apa sebab bintang-bintang tidak tampak jelas pada waktu siang hari ….
-          Pengikisan tanah akibat terjangan air disebut ….
-          Abrasi dapat dicegah dengan menanam pohon ….





Supervisor 2

                                                   
…………………………………….
  NIP. ……………………………..
…………….., ………………………..
Praktikan


YUGI NURJANAH
NIP. …………………………….



Mengetahui,
Kepala Sekolah


                                                   
…………………………………….
     NIP……………………………..



                             






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester              : IV / 2
Alokasi Waktu                 : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi         : Memahami perubahan penampakan permukaan bumi dan benda langit
Kompetensi Dasar           :Mendeskripsikan posisi bulan dan penampakan bumi dari hari ke hari
Indikator                          :-    Menjelaskan pengaruh gravitasi bulan terhadap bumi
                                        -     Menggambarkan berbagai bentuk posisi bulan
Pendidikan Budaya dan karakter Bangsa
Rasa ingin tahu: mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi anggota tubuh  dan perawatan nya
 Demokratis: Membiasakan diri bermusyawarah dengan teman-teman.
 Kerja keras: Mengerjakan tugas-tugas dari guru pada waktunya.
 Toleransi: Bekerja sama dengan teman yang berbeda agama, suku, dan etnis dalam
 kegiatan-kegiatan kelas dan sekolah
Menghargai prestasi: Rajin belajar untuk berprestasi tinggi.

I.      Tujuan Pembelajaran
-     Memberikan definisi bumi dan posisi bulan

II.    Materi Pokok
-     Penampakan bulan

III.   Metode
-     Ceramah
-     Tanya jawab
-     Diskusi
-     Demonstrasi

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran
·    Pertemuan 1
A.  Kegiatan Awal (eksplorasi)
-     Mengatur kelas
-     Menyiapkan alat dan bahan pelajaran
B.   Kegiatan Inti (elaborasi)
-     Siswa mengamati bentuk bulan
-     Siswa mengamati bentuk bumi tiruan
C.   Penutup (konfirmasi)
-     Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
-     Guru membimbing siswa membuat rangkuman



V.    Alat / Bahan / Sumber
-     Buku IPA kelas IV terbitan Erlangga
-     Buku lain yang relevan

VI.   Penilaian
-     Tes tertulis
-     Tes perbuatan
-     Instrumen penilaian terlampir

Tes tertulis
-          Bulan tampak pada malam hari
Bulan tampak terang karena mematulkan cahaya sinar matahari
-          Menurutmu apa fungsi bulan terhadap bumi !
-          Cahaya pada bulan sebenarnya berasal dari …
-          Apakah yang dimaksud fase-fase bulan ?
-          Bagian bumi yang paling terpengaruh akibat adanya angin, hujan dan sinar matahari adalah ...

                                       


Supervisor 2

                                                   
…………………………………….
  NIP. ……………………………..
…………….., ………………………..
Praktikan


YUGI NURJANAH
NIP. …………………………….



Mengetahui,
Kepala Sekolah


                                                   
…………………………………….
     NIP……………………………..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar