RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester
: IV / 2
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Memahami perubahan penampakan
permukaan bumi dan benda langit
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perubahan
penampakan bumi
Indikator : -Menjelaskan hal-hal yang
mempengaruhi perubahan daratan
-Menjelaskan berbagai cara untuk menanggulangi perubahan bumi (erosi,abrasi)
Pendidikan Budaya
dan karakter Bangsa
Rasa ingin tahu: mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan fungsi anggota tubuh
dan perawatan nya
Demokratis: Membiasakan diri bermusyawarah
dengan teman-teman.
Kerja
keras: Mengerjakan tugas-tugas dari guru pada waktunya.
Toleransi: Bekerja sama dengan
teman yang berbeda agama, suku, dan etnis dalam
kegiatan-kegiatan kelas
dan sekolah
Menghargai prestasi: Rajin belajar untuk berprestasi
tinggi.
I. Tujuan
Pembelajaran
- Anak bisa memahami perubahan penampakan permukaan bumi dan benda
langit
II. Materi Pokok
- Perubahan
penampakan bumi
III. Metode
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
· Pertemuan
1
A. Kegiatan Awal (eksplorasi)
- Mengatur kelas
- Menyiapkan dan bahan pelajaran
B. Kegiatan Inti (elaborasi)
- Berdasar skema dan pengamatan langsung siswa mendiskripsikan
perubahan penampakan permukaan bumi dan benda langit
- Penjelasan tentang pengertian permukaan bumi dan benda langit
C. Penutup (konfirmasi)
- Merangkum materi
- Mengadakan evaluasi
V. Alat / Bahan /
Sumber
Sumber : - Buku IPA kelas IV terbitan Erlangga
- Buku lain yang relevan
Alat / bahan : Sesuai dengan lembar
kerja
VI. Penilaian
- Tes tertulis
- Tes perbuatan
- Instrumen penilaian terlampir
Tes tertulis
-
Pada siang hari bumi tampak terang karena ….
-
Benda langit yang memancarkan cahaya sendiri disebut ….
-
Tuliskan benda-benda langit yang mudah dilihat tanpa alat
bantu …
-
Apa sebab bintang-bintang tidak tampak jelas pada waktu siang
hari ….
-
Pengikisan tanah akibat terjangan air disebut ….
-
Abrasi dapat dicegah dengan menanam pohon ….
Supervisor
2
…………………………………….
NIP. ……………………………..
|
……………..,
………………………..
Praktikan
YUGI
NURJANAH
NIP. …………………………….
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
…………………………………….
NIP……………………………..
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
IV / 2
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi :
Memahami perubahan penampakan permukaan bumi dan benda langit
Kompetensi Dasar :Mendeskripsikan posisi bulan dan
penampakan bumi dari hari ke hari
Indikator :- Menjelaskan pengaruh gravitasi bulan
terhadap bumi
- Menggambarkan berbagai bentuk posisi bulan
Pendidikan Budaya
dan karakter Bangsa
Rasa ingin tahu: mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan fungsi anggota tubuh
dan perawatan nya
Demokratis: Membiasakan diri bermusyawarah
dengan teman-teman.
Kerja
keras: Mengerjakan tugas-tugas dari guru pada waktunya.
Toleransi: Bekerja sama dengan
teman yang berbeda agama, suku, dan etnis dalam
kegiatan-kegiatan kelas
dan sekolah
Menghargai prestasi: Rajin belajar untuk berprestasi
tinggi.
I. Tujuan
Pembelajaran
- Memberikan definisi bumi dan posisi bulan
II. Materi Pokok
- Penampakan
bulan
III. Metode
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
- Demonstrasi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
· Pertemuan
1
A. Kegiatan Awal (eksplorasi)
- Mengatur kelas
- Menyiapkan alat dan bahan pelajaran
B. Kegiatan Inti (elaborasi)
- Siswa mengamati bentuk bulan
- Siswa mengamati bentuk bumi tiruan
C. Penutup (konfirmasi)
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
- Guru membimbing siswa membuat rangkuman
V. Alat / Bahan /
Sumber
- Buku IPA
kelas IV terbitan Erlangga
- Buku lain
yang relevan
VI. Penilaian
- Tes tertulis
- Tes perbuatan
- Instrumen penilaian terlampir
Tes tertulis
-
Bulan tampak pada malam hari
Bulan tampak terang karena mematulkan cahaya sinar matahari
-
Menurutmu apa fungsi bulan terhadap bumi !
-
Cahaya pada bulan sebenarnya berasal dari …
-
Apakah yang dimaksud fase-fase bulan ?
-
Bagian bumi yang paling terpengaruh akibat adanya angin,
hujan dan sinar matahari adalah ...
Supervisor
2
…………………………………….
NIP. ……………………………..
|
……………..,
………………………..
Praktikan
YUGI
NURJANAH
NIP. …………………………….
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
…………………………………….
NIP……………………………..
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar