RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
2013/2014
NAMA
SEKOLAH :
SMK N
Manonjaya
Kelas/Semester : X (sepuluh)/2 (dua)
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Topik/Tema : Permainan Bola besar (sepak bola)
Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian :
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
1.2.
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud
syukur kepada sang Pencipta
|
1.2.1. Membiasakan diri berdoa sebelum dan sesudah melakukan aktivitas
olahraga sebagai rasa syukur diberi hidup sehat
1.2.2. Membiasakan diri mengucapkan/menjawab
salam
|
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatandan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
|
2.2.1. Mau mengakui kesalahan yang dilakukan
2.2.2. Tidak
mencari-cari kesalahan orang lain/teman
2.2.3. Mengerjakan tugas yang diterima
|
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalammelakukan berbagai aktivitas fisik
|
2.4.1. Bersama-sama menyiapkan dan merapikan peralatan
olahraga yang dipakai
2.4.2. Mau bekerjasama dalam kelompok bermain / tugas
2.4.3. Bekerjasama dalam kelompok tanpa
membedakan tingkat keterampilan
|
2.6. Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
|
2.6.1. Hadir tepat waktu dan memakai
pakaiajn olahraga lengkap
2.6.2. Mengikuti proses pembelajaran sesuai petunjuk guru
2.6.3. Selesai kegiatan/tugas tepat waktu
|
3.1. Menganalisis variasi dan kombinasi
keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik.
|
3.1.1. Menganalisis tahapan
teknik dasar dribling dan shooting
pada permainan sepak bola
3.1.1 Menganalisa macam-macam
gerakan dasar dribling dan shooting
3.1.3. Menganlisa kesalahan dalam
melakukan` dibling dan shooting
|
·
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola
besar dengan koordinasi gerak yang baik.
|
4.1.1.
Mampu mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dribling
dengan berbagai teknik bagian kaki (dalam, luar, ujung kaki)
4.1.2. Mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi shooting ke gawang dengan
berbagai teknik bagian kaki (dalam, luar dan ujung kaki)
4.1.3. Mampu mempraktikan variasi menggiring bola dan shoting bola ke gawang
|
C. Tujuan Pembelajaran
1. Membiasakan diri untuk berdoa setiap memulai
kegiatan dan mebiasakan mengucapkan salam
2. Melalui pengamatan dan tanya jawab peserta didik
dapat Menganalisis teknik
dasar dribling bola
3. Melalui pengamatan dan
tanya jawab peserta didik dapat Menganalisis teknik shooting bola ke gawang
4. Melalui praktek peserta
didik dapat Menganalisis kesalahan yang sering dilakukan pada saat melakukan
shooting
5. Melalui dril peserta
didik dapat mempraktikan variasi dan kombinasi gerakang menggiring bola dengan
berbagai bagian kaki
6. Melalui dril peserta
didik dapat mempraktikan variasi dan kombinasi dribling dan shooting ke gawang
pada permainan sepak bola
7 . Melalui bermain peserta didik dapat menggunakan peraturan yang sesungguhnya
dengan menerapkan
variasi dan kombinasi teknik
menendang, menggiring, dan menembak bola
ke gawang dengan menunjukkan perilaku sportif, kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
D.
Materi Pembelajaran
Permainan sepakbola
Fakta
1.
Pertandingan sepak bola baik langsung atau melalui media elektronik
2.
Latihan teknik pada club sepak bola atau melalui media elektronik
Konsep
a. Teknik dasar menggiring bola dengan kaki bagian dalam
1.
Diawali sikap berdiri menghadap
arah gerakan, pandangan ke depan
2.
Sikap kedua lengan di samping
badan agak terentang
3.
Pergelangan kaki diputar ke
luar dan dikunci
4.
Dorong bola dengan kaki bagian
dalam ke arah depan dengan posisi kaki agak dibawa ke depan
5.
Tumpuan berat badan berada pada
kaki yang tidak digunakan menggiring bola
b. Menggiring bola dengan kaki bagian luar :
1.
Diawali sikap berdiri menghadap
arah gerakan, pandangan ke depan
2.
Sikap kedua lengan di samping
badan agak terentang
3.
Pergelangan kaki diputar ke
dalam dan dikunci
4.
Dorong bola dengan kaki bagian
luar ke arah depan dengan posisi kaki agak terangkat dari tanah
5.
Tumpuan berat badan berada pada
kaki yang tidak digunakan menggiring bola
c.
Mengiring bola
dengan kaki bagian luar dan punggung pada garis lurus :
1. Berdiri pada garis start
berhadapan untuk menggiring bola berhadapan dengan jarak ± 3 – 6 m. Saat
2. Lakukan gerak menggiring bola ke arah teman, dan sama-sama bergerak
dengan arah berlawanan
3. Pada saat jarak sudah dekat dengan
pasangan, bola diambil alih oleh pasangan di hadapannya, lalu digiring ke garis
start, lakukan berulang-ulang
4. Setelah melakukan gerakan kembali pada garis start
5. Untuk menanamkan lilai kerja sama, menghargai teman dan sportivitas.
D. Teknik shooting bola ke
gawang
1. Diawali
sikap berdiri menghadap arah gerakan, pandangan ke depan
2. Tempatkan
kaki tumpu di belakang dengan kedua lengan di samping badan agak terentang
3. Ayunkan
kaki tendang kebelakang
4. Dorong
bola dengan kaki bagian dalam depan dengan posisi kaki agak terangkat dari
tanah
5. Tumpuan
berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola
Prinsip
1. Menendang bola jarak pendek
dengan menggunakan kaki bagian dalam.
2. Menggirng bola bola dengan
menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki, kaki bagian luar dan telapak
kaki.
3. menenmpatkan posisi badan yang
baik dan benar.
4. Menembak bola ke gawang dengan posisi
kaki tumpu yang tepat.
Prosedur :
1. Sikap awal
2. Perkenaan kaki dengan bola
3. Sikap akhir atau gerakan lanjutan
4. Sikap tubuh
5. Bermain sepak
bola dengan peraturan yang sederhana/dimodfifikasi.
E. Metode
Pembelajaran
- Pendekatan
Pembelajaran :scientific
- Model
Pembelajaran : inquiry
- Metode: SAVI, demontrasi, drill,
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Materi kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
||
a.
Kegiatan
Awal
|
· Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi
dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta
didik atau pembelajaran sebelumnya.
· Pengkondisian fisik, mental, untuk
mengikuti pembelajaran.
· Memberikan motivasi dan Menganalisis
tujuan pembelajaran.
|
5-10menit
|
||
b.
Kegiatan
Inti
|
·
Guru mempersilahkan seluruh
peserta didik menyimak tayangan video/ gambar/ literatur yang behubungan
sepak bola
·
Peserta didik menyimak
tayangan/gambar sambil mengamati
berbagai macam tendangan
·
Guru
membagikan lembar kerja tentang materi (pemberian tanggung jawab)
·
Peserta
didik mempelajari lembar kerja yang diberikan oleh guru (mengamati)
·
Peserta
didik mendiskusikan lembar kerja yang diberikan dengan
teman-temannya.(menanya)
·
Peserta
didik melakukan klarifikasi dan konfirmasi pada guru tentang tugas yang diberikan.
(menanya)
·
Peserta didik mempraktikkan
latihan variasi dan kombinasi
menendang (pasing) bola dengan berbagai bagian kaki
1.
Praktek menggiring bola (dribling) lanjutkan dengan passing
- Dilakukan berpasangan atau kelompok,
sambil berjalan, jogging dan dilanjutkan dengan lari, arah gerakan maju
dengan posisi menyamping.
- Lakukan berulang-ulang menempuh jarak
yang telah ditentukan , gunakanmenggirng bola
dengan kaki kanan dan kiri
-
Untuk menanamkan nilai-nilai kerja sama, keberanian dan
sportifitas
Praktekan menggiring bola
menggunakan seluruh teknik gerakan
3. Praktek menendang bola kegawang
4. Praktek
kombinasi dribbling, passing dan stop bola
4.1
Guru
melakukan koreksi tentang gerakan yang dilakukan oleh peserta didik
(evaluasi, menalar,)
4.2
Peserta
didik memperbaiki gerakan sesuai hasil koreksi dari pengamat (menyaji)
4.3
Setelah
semua peserta didik melakukan tugas gerak yang diberikan sesuai lembar kerja
yang diberikan oleh guru, peserta didik diberi kesempatan mencari alternative
gerakan selain yang ada di lembar kerja (mencipta)
4.4
Melalui roll game peserta didik melakukan permainan
sepak bola sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok
dengan semangat, menjunjung sportivitas
dan penuh percaya diri
4.5
LKS
dilampirkan
|
100 menit
|
||
c.
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang
materi dribbling dan shooting
·
Melakukan
refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi dribbling
dan shooting
·
Memberikan
umpan balik dan penugasan pada peserta didik
Menarik kesimpulan dari
hasil pembelajaran, dan berdoa
|
10-20 menit
|
G. Sumber Belajar
a. Sumber : Buku Penjasorkes Kelas X, internet
b. Alat
: Bola, Peluit, Gawang, Tiang
bendera, gambar, LCD
H. Penilaian
a. Indikator Sikap (Afektif)
Penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat
dilakukan selama peserta didik melakukan pembelajaran Pendidikan
Jasmani di sekolah. Unsur-unsur
yang dinilai : Nilai religius, kerjasama, tanggungjawab, di
siplin,
RUBRIK PENILAIAN SIKAP
SEPAK BOLA
Aspek
yang Diukur
|
Deskripsi
Sikap yang Diukur
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1. Disiplin
|
Hadir tepat waktu
|
|
|
|
|
Memakai seragam olahraga lengkap
|
|
|
|
|
|
Mengikuti seluruh proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Selesai tepat waktu
|
|
|
|
|
|
2. Kerjasama
|
Bersama-sama menyiapkan dan menyimpan peralatan
|
|
|
|
|
Bekerja sama dalam mengerjakan tugas kelompok
|
|
|
|
|
|
Mau menjaga keselamatan diri
dan teman
|
|
|
|
|
|
Mau bersama-sama berlatih
|
|
|
|
|
|
3. Tanggung jawab
|
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
Melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh
|
|
|
|
|
|
Tidak mencari cari kesalahan teman
|
|
|
|
|
|
Mengerjakan tugas yang diterima
|
|
|
|
|
Format
penilaian sikap
NO
|
NAMA
SISWA
|
Aspek
Sikap Yang Dinilai
|
Σ
|
NA
|
|||||||||||||||
Sikap
religius
|
Disiplin/sportif
|
Kerjasama
|
tanggungjawab
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor
maksimal yang diperoleh 16
|
|
|
BT belum tampak = 1
MT mulai tampak = 2
MB mulai berkembang = 3
TN tampak nyata = 4
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
----------------------------------------- X 4
Jumlah skor maksimal
b. Indikator pengetahuan
RUBRIK
PENILAIAN PENGETAHUAN
SEPAK
BOLA
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Level
Pengetahuan
|
Jumlah
Butir
|
No
Soal
|
Skor
mak
|
Pen-skoran
|
1.
|
Mempraktikan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah
satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik (sepak bola)
|
a. Menganalisis macam teknik dasar shootingbola
permainan sepakbola
|
C-3
|
1
|
1
|
4
|
Skor 4, jika menuliskan/menyebutkan 4 urutan teknik
Skor 3, jika hanya
menuliskan/menyebutkan 3 urutan teknik
Skor 2,jika menuliskan/menyebutkan 2 urutan teknik
Skor 1, jika menuliskan/menyebutkan 1 urutan
|
b. Menganalisis sikap awal, sikap pelaksanaan dan sikap
akhir gerakan teknik dasar shootingbola dengan kaki bagian dalam?
|
C-3
|
1
|
2
|
3
|
Skor 4, jika memberikan penjelasan secara lengkap
Skor 3, jika memberi 3 penjelasan benar dan lengkap
Skor 2, jika memberikan 2 penjelasan benar
Skor 1, jika hanya memberikan 1 penjelasan
|
||
c. Menganalisis kegunaan shootingdalam permainan sepak bola
|
C-3
|
1
|
2
|
3
|
Skor 3, jika Menganalisis 3 kegunaan shootingdalam
permainan sepak bola
Nilai2, jika Menganalisis 2
kegunaan shooting dalam
permainan sepak bola
skor 1, jika hanya Menganalisis 1 kegunaan shooting dalam
permainan sepak bola
|
Format penilaian pengetahuan
No.
|
Nama Peserta
didik
|
Perolehan skor
|
Σ
|
NA
|
|||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian pengetahuan =
----------------------------------------- X 4
Jumlah skor maksimal
Keterngan :
PREDIKAT
|
NILAI KOMPETENSI
|
||
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
SIKAP
|
|
A
|
4.00
|
4.00
|
SB
(Sangat Baik)
|
A-
|
3.67
|
3.67
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
(Baik)
|
B
|
3.00
|
3.00
|
|
B-
|
2.67
|
2.67
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
(Cukup)
|
C
|
2.00
|
2.00
|
|
C-
|
1.67
|
1.67
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
(Kurang)
|
D
|
1.00
|
1.00
|
c. Tes Praktek (keterampilan)
1. Bentuk penilaian praktek,
melalui penilaian proses
Praktekan gerak dasar menendang kegawang!
Unsur-unsur yang dinilai adalah
penilaian proses (diberikan terhadap keterampilan sikap/cara melakukan suatu
gerakan)
RUBRIK
PENILAIAN PSIKOMOTOR
TENDANGAN
KAKI BAGIAN DALAM SEPAK BOLA
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Uraian
Gerak
|
Pen-skoran
|
1.
|
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik shooting permainan sepak
bola dengan koordinasi gerak yang baik
|
a. Sikap Awal
|
1.
Diawali dengan sikap berdiri
menghadap arah gerakan
2.
Letakkan kaki tumpu di
samping bola dengan sikap lutut agak tertekuk dan bahu menghadap gerakan
3. Sikap kedua lengan di samping
badan
|
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
b. Sikap
pelaksanaan
|
1. Pergelangan
kaki yang akan digunakan menendang diputar sedikit ke luar dan dikunci
2. Pandangan terpusat
pada bola
3. Tarik kaki yang akan digunakan menendang ke belakang lalu ayun ke depan
ke arah bola
4.
Perkenaan kaki pada bola
tepat pada bagian depan kaki bagian
dalam
5.
Pindahkan berat badan
ke depan mengikuti
arah gerakan
|
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||
c. Sikap Akhir
|
1. Kaki diayunkan kedepan lurus dengan diputar keluar dipiksir
2. Badan dan pandangan mengikuti arah bola
3. Kedua lengan menjaga keseimbangan
|
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
Format penilaian psikomotor
No
|
Nama
|
Penilaian Keterampilan Gerak
|
Nilai Pro ses
|
Penilai an Produk
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||||
Penilaian Proses
|
skor peroleh an
|
skor ideal
|
|||||||||||||||||
Sikap awal menen dang dan
menahan bola (Skor 3)
|
Sikap pelaksanaan menendang dan
menahan bola (Skor 4)
|
Gerakan akhir setelah menendang
dan menahan bola (Skor 3)
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
Jumlah Skor Maksimal (Penilaian
Proses) = 10
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses =
------------------------------------
X 4
Jumlah skor maksimal
Mengtahui Manonjaya, Januarai 2015
,KEPALA SMKN Manonjaya Guru Mata Pelajaran
Drs. H Oom
Suparmas, M.Pd. Uus Sugihartono,
M.Pd
Pembina Tk 1 NIP. 196703201988121001
NIP. 196209101986031011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TAHUN
2013/2014
NAMA
SEKOLAH :
SMKN
Manonjaya
Kelas/Semester :
X (sepuluh) /2
(dua)
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Topik : Permainan Bola besar ( bola voli)
Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian :
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
1.2. Tumbuhnya kesadaran
bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang
Pencipta
|
1.2.1. Membiasakan diri berdoa sebelum dan sesudah melakukan aktivitas olahraga sebagai rasa syukur diberi
hidup sehat
1.2.2. Membiasakan
diri mengucapkan/menjawab salam
|
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatandan kemajuan diri
sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana
dan prasarana pembelajaran.
|
2.2.1. Mau mengakui kesalahan yang
dilakukan
2.2.2. Tidak mencari-cari kesalahan orang lain / teman
2.2.3. Mengerjakan tugas yang diterima
|
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
|
2.4.1. Bersama-sama menyiapkan dan merapikan
peralatan olahraga yang dipakai
2.4.2. Mau bekerjasama dalam kelompok bermain/
tugas
2.4.3. Bekerjasama dalam kelompok tanpa membedakan tingkat keterampilan
|
2.6. Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas
fisik.
|
2.6.1.
Hadir tepat waktu dan memakai pakaiajn olahraga lengkap
2.6.2.
Mengikuti proses pembelajaran sesuai petunjuk guru
2.6.3. Selesai kegiatan/tugas tepat waktu
|
3.1. Menganalisis variasi dan kombinasi
keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik.
|
3.1.1. Menganalisis teknik dasar smash permainan
bola voli
3.1.2. Menganalisis macam-macam smash
bola voli
3.1.3. Menganalisis kesalahan - kesalahan dalam melakukan smash
|
4.1. Mempraktikkan variasi dan kombinasi
keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan
koordinasi gerak yang baik.
|
4.1.1.
Mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi smash parabol
4.1.2. Mampu mempraktikkan smash bola semis
4.1.3. Mampu bermain bola voli dengan
peraturan yang sebenarnya
|
C. Tujuan Pembelajaran
1. Membiasakan diri untuk berdo’a setiap memulai
kegiatan dan mebiasakan mengucapkan salam
2. Melalui pengamatan dan tanya jawab peserta didik dapat
menganalisis teknik dasar smash dengan benar
3. Melalui pengamatan peserta didik dapat menganalisis kesalahan-kesalahan saat passing
4. Melalui dril peserta didik dapat mempraktikan
variasi dan kombinasi smash bola tinggi
5. Melalui dril peserta didik dapat mempraktikan
smash bola semi
6. Melalui
bermain peserta didik
dapat menggunakan peraturan yang
sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik bola voli serta menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
D. Materi Pembelajaran
a.
Tahap 1.Teknik dasar smash :
·
Persiapan
-
Berdiri dekat net
dan menghadap net berjarak kira-kira 60cm.
-
Sikap kedua kaki
dibuka selebar bahu dan
-
kedua lengan di
samping badan.
·
Gerakan
-
Rendahkan kedua
lutut bersamaan kedua lengan ditarik ke belakang.
-
Tolakan kedua kaki
ke atas bersamaan kedua lengan diayun ke atas.
-
Pukul bola pada
bagian atasnya dengan telapak tangan terbuka
-
Bersamaan
pergelangan tangan diaktifkan.
·
Akhir gerakan
-
Mendarat kembali
pada tempat menolak dengan menggunakan kedua ujung telapak kaki.
-
Sikap kedua lutu
mengeper dan
-
kedua lengan disamping depan badan.
b.
Tahap 2. Memukul-mukul bola ke lantai menggunakan telapak tangan terbuka :
-
Berdiri menghadap arah gerakan
-
Lakukan gerak
memukul-mukul bola ke lantai menggunakan telapak tangan kanan dan kiri
bergantian
-
Kegiatan ini
dilakukan perorangan, berpasangan, atau berkelompok, di tempat, bergerak
maju-mundur atau menyamping
-
Untuk menanamkan
nilai kerja sama, menghargai teman dan sportivitas
c.
Tahap
3. Memukul bola ke lantai :
-
Berdiri menghadap arah gerakan
-
Lakukan gerak
memukul-mukul bola ke lantai ke arah
teman di depannya menggunakan telapak tangan kanan dan kiri bergantian, yang
diawali dengan melambungkan bola di depan badan
-
Kegiatan ini
dilakukan perorangan, berpasangan, atau berkelompok, yang sudah melakukan gerak
memukul, berpindah tempat
-
Untuk menanamkan
nilai kerja sama, menghargai teman dan sportivitas
d.
Tahap
4. Melakukan smash dekat net
dengan bola dilambung teman dan dilanjutkan dengan teknik mengumpan passing
atas/bawah :
-
Berdiri menghadap arah gerakan / net
-
Lakukan teknik
dasar smash, diawali dengan menolakkan kedua kaki ke atas, saat bola tepat di
atas bibir net pukulkan tangan pada bola, hingga bola melewati atas net
-
Kegiatan ini
dilakukan perorangan, berpasangan, atau berkelompok, yang sudah melakukan gerak
memukul, berpindah tempat
-
Untuk menanamkan
nilai kerja sama, menghargai teman dan sportivitas
E.
Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
-
Pendekatan
Pembelajaran :Scientific
- Model
Pembelajaran : Resiprocal
- Metode: demontrasi, drill, teknik bagian dan keseluruhan)
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Materi kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
||||
a.
Kegiatan
Awal
|
· Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi
dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta
didik atau pembelajaran sebelumnya.
· Pengkondisian fisik, mental, untuk
mengikuti pembelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan Menganalisis tujuan pembelajaran.
|
5-11menit
|
||||
·
Kegiatan
Inti
|
·
Guru mempersilahkan seluruh
peserta didik menyimak tayangan video/ gambar/ literatur yang behubungan bola
voli
·
Peserta didik menyimak
tayangan/gambar sambil mengamati
berbagai teknik bola voli
·
Guru
membagikan lembar kerja tentang materi (pemberian tanggung jawab)
·
Peserta
didik mempelajari lembar kerja yang diberikan oleh guru (mengamati)
·
Peserta
didik mendiskusikan lembar kerja yang diberikan dengan
teman-temannya.(menanya)
·
Peserta
didik melakukan klarifikasi dan konfirmasi pada guru tentang tugas yang
diberikan. (menanya)
·
Peserta didik mempraktikkan
latihan variasi dan kombinasi (smash) bola voli
§
Praktekan memukul-mukul bola
ke lantai
Praktekan latihan
teknik memukul tanpa bola
§ Praktekan memukul bola kelantai secara berpasangan
§
Praktekan
memukul bola dilambung dengan awalanl berjalan secara berulang-ulang
§
Praktekan
memukul bola semi secara berulangan-ulang secara berulang-lang
·
Guru
melakukan koreksi tentang gerakan yang dilakukan oleh peserta didik
(evaluasi, menalar,)
·
Peserta
didik memperbaiki gerakan sesuai hasil koreksi dari pengamat (menyaji)
· Setelah semua peserta didik melakukan tugas
gerak yang diberikan sesuai lembar kerja yang diberikan oleh guru, peserta
didik diberi kesempatan mencari alternative gerakan selain yang ada di lembar
kerja (mencipta)
· Melalui roll game
peserta didik melakukan permainan bola
voli sederhana dengan peraturan yang
dimodifikasi secara berkelompok dengan semangat, menjunjung
sportivitas dan penuh percaya diri
1. Jumlah pemain 6
orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim.
2. pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil.
3. Setiap tim
hanya melakukan pasing atas dan bawah dan smash selama 5 kali sentuhan
kemudian dilewatkan ke lawan
4. tim dianggap
menang apabila dapat memasukkan bola ke lawan dan lawan tidak dapat menerima/
lebih dari 6 sentuhan
·
LKS
dilampirkan
|
100 menit
|
||||
·
penutup
|
· Pendinginan.
· Evaluasi proses
pembelajaran dengan
memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi smash
· Melakukan refleksi oleh guru dengan
melibatkan peserta didik tentang materi smash
· memberikan umpan balik dan penugasan pada
peserta didik
· Menarik kesimpulan dari
hasil pembelajaran, dan berdoa
|
10-20 menit
|
G. Alat, Media dan Sumber Belajar
a. Sumber : Buku Penjasorkes Kelas X, internet
b. Alat
: Bola, Peluit,
Gawang, Tiang bendera, gambar, LCD
H. Penilaian
a. Indikator Sikap (Afektif)
Penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat
dilakukan selama peserta didik melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di
sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : Nilai religius, kerjasama, tanggungjawab,
disiplin,
RUBRIK PENILAIAN
SIKAP
DALAM BOLA VOLI
Aspek
yang Diukur
|
Deskripsi
Sikap yang Diukur
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
Disiplin
|
Hadir tepat waktu
|
|
|
|
|
Memakai seragam olahraga lengkap
|
|
|
|
|
|
Mengikuti seluruh proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Selesai tepat waktu
|
|
|
|
|
|
2. Kerjasama
|
Bersama-sama menyiapkan dan menyimpan peralatan
|
|
|
|
|
Bekerja sama dalam mengerjakan tugas kelompok
|
|
|
|
|
|
Mau menjaga keselamatan diri dan
teman
|
|
|
|
|
|
Mau bersama-sama berlatih
|
|
|
|
|
|
3. Tanggung jawab
|
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
Melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh
|
|
|
|
|
|
Tidak mencari cari kesalahan teman
|
|
|
|
|
|
Mengerjakan tugas yang diterima
|
|
|
|
|
Format
penilaian sikap
NO
|
NAMA
SISWA
|
Aspek
Sikap Yang Dinilai
|
Σ
|
NA
|
|||||||||||||||
Sikap
religius
|
Disiplin/sportif
|
Kerjasama
|
tanggungjawab
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor
maksimal yang diperoleh 12
|
|
|
BT belum tampak = 1
MT mulai tampak = 2
MB mulai berkembang = 3
TN tampak nyata = 4
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
----------------------------------------- X 4
Jumlah skor maksimal
b. Tes
Pengetahuan (Kognitif)
RUBRIK
PENILAIAN PENGETAHUAN
BOLA
VOLI
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Sikap
awal tangan, saat melakukan teknik
dasar smash pada permainan bolavoli!
|
|
|
|
|
|
2
|
Posisi kaki,
ketika melakukan passing bawah pada permainan bolavoli!
|
|
|
|
|
|
3
|
sikap
akhir tangan, akan melakukan teknik dasar smash pada permainan bolavoli!
|
|
|
|
|
|
4
|
Kesalahan sikap tangan dalam melakukan smash pada permainan bolavoli!
|
|
|
|
|
|
5
|
Kesalahan
saat melakukan tolakan pada permainan bolavoli!
|
|
|
|
|
|
|
Skor maksilal
|
|
|
|
|
20
|
c. tes praktek (keterampilan)
Pernilaian praktek
Penilaian aspek psikomotor
diberikan dalam dua bentuk, yaitu penilaian proses (diberikan terhadap keterampilan sikap/cara melakukan
suatu gerakan) dan penilaian produk (diberikan diambil kecepatan dan ketepatan
waktu melakukan gerakan).
a. Penilaian proses
RUBRIK PENILAIAN PSIKOMOTOR
SMASH BOLA VOLI
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Uraian
Gerak
|
Pen-skoran
|
1.
|
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik memukul bola permainan
bola voli dengan koordinasi gerak yang baik
|
a. Sikap Awal
|
-
Berdiri dekat net
dan menghadap net berjarak kira-kira 60cm.
-
Sikap kedua kaki
dibuka selebar bahu dan
-
kedua lengan di
samping badan.
|
Skor 3, jika tiga uraian
gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua
uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu
uraian gerak dilakukan dengan benar
|
b. Sikap
pelaksanaan
|
-
Rendahkan kedua
lutut bersamaan kedua lengan ditarik ke belakang.
-
Tolakan kedua
kaki ke atas bersamaan kedua lengan diayun ke atas.
-
Pukul bola pada
bagian atasnya dengan telapak tangan terbuka
-
Bersamaan
pergelangan tangan diaktifkan
|
Skor 4, jika seluruh
uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian
gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua
uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu
uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||
c.. Sikap Akhir
|
-
Mendarat kembali
pada tempat menolak dengan menggunakan kedua ujung telapak kaki.
-
Sikap kedua lutu
mengeper dan
-
kedua lengan disamping depan badan.
|
Skor 3, jika tiga uraian
gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua
uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu
uraian gerak dilakukan dengan benar
|
Format penilaian Proses
Penilaian
Keterampilan Gerak
|
Nilai
Proses
|
Penilaian Produk
(Tes smash bolavoli)
|
Nilai
Akhir
|
|||||||||||||
Penilaian
Proses
|
Jum lah
|
|||||||||||||||
Sikap awalan Kaki (Skor 3)
|
Sikap pelaksanaan memukul bola
(Skor 4)
|
Gerakan akhir setelah memukul
dan mendarat
(Skor 3)
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
Σ
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor Maksimal (Penilaian
Proses) = 10
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses =
------------------------------------
X 4
Jumlah skor maksimal
Mengtahui Manonjaya, Januarai 2015
,KEPALA SMKN Manonjaya Guru Mata Pelajaran
Drs. H Oom
Suparmas, M.Pd. Uus Sugihartono,
M.Pd
Pembina Tk 1 NIP. 196703201988121001
NIP. 196209101986031011
NIP.196003061986031003 NIP. 196908011995121003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar