Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas : XI
Kompetensi
Inti :
1. Menghargaidanmenghayatiajaran agama
yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat
gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus
dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan
kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam
penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas
fisik.
2.7 Belajar menerima kekalahan dan kemenangan
dari suatu permainan.
|
||||||
3.1 Menganalisis
dan mengkategorikan keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta menyusun rencana
perbaikan
4.1 Mempraktikkan perbaikan
keterampilan salah satu permainan bola besarsesuai hasil analisis
dan kategorisasi
.
|
Sepakbola
|
Mengamati
· Mengamati
peragaan yang dilakukan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang
berkompeten tentang teknik dasar yang ada dalam permainan sepak bola (mengumpan,
mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang).
Menanya
·
Setiap peserta
didik secara bergantian mengajukan pertanyaan mengenai teknik dasar (mengumpan,
mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang)
Eksplorasi
·
Mencari
berbagai informasi tentang teknik dasar yang ada dalam permainan sepak bola (mengumpan,
mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang)
melalui Video, TV, media yang lain ataupun pengamatan langsung.
·
Mendiskusikanketerampilan
gerak teknik mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan kesalahan-kesalahan
dan cara memperbaiki kesalahan yang sering
dilakukan saat melakukan teknik dasar keterampilan gerak permainan sepakbola..
·
Mendiskusikan cara
memperbaiki kesalahanyang sering dilakukan saat melakukan keterampilan gerak permainan sepakbola dan membuat kesimpulannya.
·
Peserta didik
mencoba mempraktikkan teknik dasar
permainan sepak bola dengan benar sesuai dengan yang diperagakan oleh guru
Mengasosiasi
·
Memilih/memutuskan
cara mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola dengan baik sesuai dengan arah datangya
bola.
·
Memutuskan cara
mengumpan, dan menembak bola dengan baik
sesuai dengan arah sasaran.
Mengkomunikasikan
·
Bermain
sepakbola menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan teknik menendang,
menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang yang telah dipelajarinya
serta menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
|
Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta
keterampilan gerak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan
gerak
|
5X 3 JP
|
· Bola sepak
· Lapangan sepakbola
· Tiang gawang
· Tiang pancang
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI
· TV/Vidro
|
|
Permainan
Bolavoli
|
Mengamati
· Mengamati
peragaan yang dilakukan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang
berkompeten tentang teknik dasar permainan bola voli (passing bawah, passing
atas, servis, dan smash).
Menanya
·
Setiap peserta
didik secara bergantian mengajukan pertanyaan mengenai teknik dasar permainan
bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) yang telah
diamati.
Eksplorasi
·
Mencari
berbagai informasi tentang teknik dasar permainan bola voli (passing bawah,
passing atas, servis, dan smash)
melalui Video, TV, media yang lain ataupun pengamatan langsung dan
selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
·
Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara memperbaiki kesalahan yang sering
dilakukan saat melakukan teknik dasar
keterampilan gerak permainan bolavoli.
·
Memperagakan
teknik dasar permainan bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan
smash) dengan benar sesuai degan yang diperagakan
oleh guru
Mengasosiasi
·
Memilih/memutuskan passing yang harus
dilakukan sesuai dengan arah datangya bola maupun kecepatanya.
·
Memilih/memutuskan jenis servis dan
kecepatan bola yang akan digunakan untuk menyulitkan lawan.
Mengkomunikasikan
·
Bermainbolavoli dengan menerapkan teknik permainan yang
telah dipelajarinya menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain.
|
Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta
keterampilan gerak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan
gerak
|
· Bola voli
· Lapangan bolavoli
· Net/jaring
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud,
Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.
· TV/Video
|
|||
PermaiananBolabasket
|
Mengamati
· Mengamati
peragaan yang dilakukan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang
berkompeten tentang teknik dasar permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan
menembak bola ke ring).
Menanya
·
Setiap peserta
didik secara bergantian mengajukan pertanyaan mengenai teknik dasar permainan
bola basket (melempar, menangkap,
menggiring, dan menembak bola ke ring) yang telah
diamati.
Eksplorasi
·
Peserta didik diberikan tugas untuk mencari
berbagai informasi tentang teknik dasar permainan
bola basket (melempar,
menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring) melalui Video,
TV, media yang lain ataupun pengamatan langsung.
·
Mendiskusikan
kesalahan-kesalahan dan cara memperbaiki kesalahan yang sering
dilakukan saat mempraktekken gerak teknik dasarpermainan bola basket dan membuat kesimpulannya.
· Peserta didik memperagakanberbagai teknik
dasar keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola ke
ring basket dengan benar sesuai yang diperagakan.
Mengasosiasi
· Menganalisis gerakan teknik dasar permaian
bola basket dengan memilah gerakan-gerakan untuk diterapkan dalam permainan. t
Mengkomunikasikan
· Bermainbolabasket dengan menerapkan
teknik yang telah dipelajari menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain
|
Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta
keterampilan gerak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan
gerak
|
· Bola basket
· Lapangan bola basket
· Ring/basket
· Peluit
Sumber: Buku
Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk
Kemdikbud
|
SILABUS : SMA/MA/SMK/SMAK
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas : XI
Kompetensi
Inti :
1. Menghargaidanmenghayatiajaran agama
yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat
gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus
dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan
kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam
penggunaan peralatan dan kesempatan.Disiplin selama melakukan berbagai
aktivitas fisik.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas
fisik.
2.7 Belajar menerima kekalahan dan kemenangan
dari suatu permainan.
|
||||||
3.2 Menganalisis dan mengkategorikan keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil serta menyusun rencana perbaikan.
.
4.2. Mempraktikkan perbaikan
keterampilan salah satu permainan bola kecilsesuai hasil analisis
dan kategorisasi.
.
|
Permainan Softball
|
Mengamati
·
Mengamati
peragaan yang dilakukan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang
berkompeten tentang teknik dasar keterampilan gerak permainan softball.
Menanya
· Secara
bergantian menyampaikan pertanyaan berkenaan dengan teknik dasar permainan softball
Eksplorasi
· Peserta didik
diberikan tugas untuk mencari berbagai informasi tentang teknik dasar keterampilan gerak permainan softball melalui Video, TV,
media yang lain ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan
hasil pengamatan.
· Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara perbaikan kesalahanyang sering
dilakukan saat melakukan teknik dasar
keterampilan gerak permainan softball.
·
Memperagakan berbagai pola
keterampilan gerak memegang bola, menangkap bola, melempar bola, dan melambungkan bola.
Mengasosiasi
· Menganalisi
bentuk pukulan dan arah jalanya bola sesuai dengan yang dikehendaki pada saat
memukul bola.
Mengkomunikasikan
·
Bermainsoftball menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menerapkan teknik melempar, menangkap, dan memukul bola softball yang telah dipelajari dan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
|
Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta
keterampilan gerak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan
gerak
|
3 X 3 JP
|
· Glove
· Bola softball
· Stik
· Lapangan softball
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud,
Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.
· TV/Video
|
|
Permainan Bulutangkis
|
Mengamati
· Memperhatikan gerakan teknik dasar permainan
bulu tangkis yang diperagakan oleh guru atau peserta didik yang mampu (pukulan forehand, back-hand, servis, dan
smesh)
Menanya
· Peserta didik menyampaikan pertayaan secara
bergantian berkaitan dengan teknik dasar permainan bulutangkis
Eksplorasi
·
Menggali
informasi berkaitan dengan teknik dasar permaian bulu tangkis dari buku atau
pun media yang lainnya
·
Mendiskusikan kesalahan-kesalahan
dan cara perbaikan kesalahan yang sering
dilakukan saat memperagakangerakan
teknik dasar permainan bulutangkis.
·
Memperagakan berbagai pola keterampilan gerak memegang raket,memukul, smesh
yang dilakukan dalam bentuk
bermain.
Mengasosiasi
· Membandingkan pukulan forehand dan backhann
serta memilih pukulan yang harus dilakukan sesuai dengan arah datangya bola
dan arah yang harus dituju.
Mengkomunikasikan
·
Bermainbulutangkis
menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menerapkan teknik permainan yang telah diperolehnya
dan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
|
Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta
keterampilan gerak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan
gerak
|
· Raket
· Shuttlecock
· Lapangan bulutangkis
· Net/jarring bulutangkis
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud,
Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.
· TV/Video
|
|||
Permainan Tenis Meja
|
Mengamati
·
Memperhatikan gerakan teknik dasar
permainan tenis meja yang diperagakan oleh guru atau peserta didik yang mampu
(pukulan forehand, back-hand,
servis, dan smesh)
Menanya
·
Menyampaikan pertayaan secara
bergantian berkaitan dengan teknik
dasar permainan tenis meja
Eksplorasi
· Peserta didik
menggali informasi berkaitan dengan teknik dasar permaian tenis meja dari
buku atau pun media yang lainnya.
· Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara memperbaiki kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan pola
keterampilan gerak permainan tenis meja.
·
Memperagakan berbagaiteknik
dasar keterampilan gerak
memegang bet, servis forehand dan backhand, dan memukul bola dalam
berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain.
Mengasosiasi
· Membandingkan
pukulan forehand dan backhann serta memilih pukulan yang harus dilakukan
sesuai dengan arah datangya bola dan arah yang harus dituju.
Mengkomunikasikan
·
Bermain tenis
meja menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menrapkan teknik permainan yang telah diperolenya dan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
|
Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta
keterampilan gerak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan
gerak
|
· Bet/pemukul
· Bola ping-pong
· Meja ping-pong
· Net/jarring tenis meja
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud,
Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.
|
SILABUS : SMA/MA/SMK/SMAK
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas : XI
Kompetensi
Inti :
1. Menghargaidanmenghayatiajaran agama
yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|||||||
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat
gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus
dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan
kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam
penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas
fisik.
2.7 Belajar menerima kekalahan dan kemenangan
dari suatu permainan.
|
||||||||||||
3.3Menganalisis
dan mengkategorikan keterampilan gerak
salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar) serta
menyusun rencana perbaikan
4.3Mempraktikkan
perbaikan keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar) sesuai hasil
analisis dan kategorisasi.
|
Atletik
(Lompat jauh)
|
Mengamati
· Memperhatikan
gerakan teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang,
tumpuan, melayang di udara dan mendarat) yang diperagakan guru
atau peserta didik yang mampu.
Menanya
· Peserta didik
menyampaikan pertayaan secara bergantian
berkaitan dengan teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara.
Eksplorasi
· Peserta didik
menggali informasi berkaitan dengan teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di
udara (awalan/ancang-ancang,
tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dari buku atau pun
media yang lainnya
· Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan perbaikan kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik
gerakan lompat juah
gaya berjalan di udara (awalan/ ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan
mendarat).
·
Memperagakan berbagai variasi dan kombinasi
teknik gerakan awalan/ancang-ancang,
tumpuan, saat melayang di udara dan mendarat lompat jauh gaya berjalan
di udara..
Mengasosiasi
· Menentukan
awalan dan tumpuan dengan tepat untuk mendapatkan lompatan yang baik.
Mengkomunikasikan
·
Melakukan
perlombaan lompat jauhmenggunakan
gaya berjalan di udara menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan teknik yang telah dipelajarinya
dan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung-jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
|
Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta
keterampilan gerak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan
gerak
|
4 X 3 JP
|
· Lintasan/track atletik
· Bak lompat jauh
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI,Tim Puskurbuk Kemdikbud,
Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.
|
|||||||
Atletik
(Lompat Tinggi)
|
Mengamati
· Memperhatikan
gerakan teknik lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di
atas mistar, dan pendaratan) yang
diperagakan guru atau peserta didik yang mampu.
Menanya
· Peserta didik
menyampaikan pertayaan secara bergantian
berkaitan dengan teknik lompat tinggi gaya straddle.
Eksplorasi
· Menggali
informasi berkaitan dengan teknik lompat tinggi gaya straddle (awalan,
tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan) dari buku atau
pun media yang lainnya
· Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara perbaikan kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik
gerakan lompat tinggi
gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh
sewaktu mendarat).
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan, tumpuan, sikap tubuh di atas
mistardan sikap tubuh saat mendarat lompat tinggi
gaya straddle.
Mengasosiasi
· Menentukan
awalan dan tumpuan dengan tepat untuk mendapatkan lompatan yang baik.
Mengkomunikasikan
·
Melakukan perlombaan lompat tinggi gaya
straddle dengan
menerapkan teknik yang telah dipelajariya menggunakan
peraturan sesungguhnya dan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain
|
Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor
Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas
Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta
keterampilan gerak
Tes:
Prinsp dan konsep keterampilan
gerak
|
· Lintasan/track atletik
· Bak lompat tinggi
· Tiang mistar
· Peluit
· Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud,
Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.
|
|||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar