Nama :
Yugi nurjanah
NIM :
824573254
Mata kuliah :
Pembelajaran IPA di SD
Semester :
3
Tugas mandiri 2
1. Jelaskan
konsep pendekatan ketrampilan observasi pada pembelajaran IPA di SD?
Jawab : Keterampilan yg
dikembangkan dengan menggunakan semua indra yang kita miliki atau alat bantu
indra untuk mendapatkan informasi dan mengidentifikasi serta memberikan nama
sifat-sifat/karakteristik dari objek atau kejadian.
2. Jelasakan
ketrampilan dasar menurut esler dan esler?
Jawab : Menurut esler dan esler
Ketrampilan proses dasar meliputi ketrampilan mengobservasi, mengklasifikasi,
mengukur, mengkomunikasikan, menginferensi, memprediksi, mengenal hubungan
ruang dan waktu, serta mengenal hubungan-hubungan angka.
3. Jelaskan
secara singkat jenis ketrampilan mengkomunikasikan, keterampilan menginferensi,
dan ketrampilan memprediksi ?
Jawab :
·
Keterampilan mengkomunikasi :
Menyampaikan hasil pengamatan yang berhasil dikumpulkan atau menyampaikan hasil
penyelidikan, yang dapat dikembangkan dengan cara menghimpun informasi dari
grafik atau gambar yang menjelaskan benda-benda/kejadian-kejadian secara rinci.
·
Keterampilan menginferensi :
Keterampilan membuat kesimpulan sementara dari yang kita observasi dengan
menggunakan logika.
·
Ketrampilan memprediksi : Keterampilan
menduga/memprakirakan/meramal beberapa kejadian/keadaan yang akan datang
berdasarkan dari kejadian yang terjadi sekarang.
4. Jelaskan
secara singkat keterampilan proses IPA yang terintegrasi sebagai sebuah metode
pembelajaran di sekolah dasar?
Jawab : Keterampilan proses IPA
merupakan kombinasi dari keterampilan IPA dasar seperti mengobservasi,
melakukan pengukuran. Keterampilan ini biasanya diperkenalkan kepada siswa yang
telah memiliki keterampilan dasar IPA yang mendasar.
5. Sebutkan
tujuan penggunaan media dalam pembelajaran ?
Jawab :
§ Meningkatkan
kualitas dan efektivitas pembelajaran
§ Memudahkan
guru dalam melaksanakan pembelajaran
§ Memberikan
arahan tentang tujuan yang akan dicapai
§ Menyediakan
evaluasi mandiri
§ Memberi
rangsangan kepada guru untuk kreatif
§ Menyampakian
materi pembelajaran
§ Membantu
pebelajar yang memiliki kekhususan tertentu
6. Sebutkan
langkah-langkah penyusunan alat peraga IPA sehingga mampu menjadi alat peraga
yang sempurna ?
Jawab :
a. Menentukan
metode dan pendekatan apa yang sesuai
b. Apakah
diperlukan alat peraga?
c. Mempertimbangkan
kelayakan alat peraga yg dipilih, meliputi kelayakan praktis, kelayakan
teknis/kelayakan pedagosis, dan kelayakan biaya
7. Jelaskan
konsep pembelajaran terpadu ?
Jawab :
Pembelajar terpadu ialah :
1) Pembelajaran
yang beranjak dari suatu tema tertentu sebagai pusat perhatian yang digunakan
untuk memahami gejala-gejala dan konsep lain baik yang berasal dari bidang
studi yg bersangkutan maupun dari bidang studi lainnya.
2) Suatu
pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai bidang studi yang
mencerminkan dunia nyata
3) Suatu
cara untuk mengajarkan pengetahuan dan keterampilan secara simultan
4) Merakit
atau menghubungkan sejumlah konsep dalam beberapa bidang studi yang berbeda
dengan harapan siswa akan belajar lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar