Kamis, 05 November 2015

silabus penjas SMA kelas X



Mata Pelajaran                   :     Penjasorkes
Kelas                                    :     XI
Kompetensi Inti                 :              
1.    Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR


1.1      Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2      Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta







2.1      Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2      Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3      Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4      Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5      Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6      Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7       Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.


3.1 Menganalisis dan mengkategorikan keterampilan gerak salah satu  permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan

4.1    Mempraktikkan perbaikan keterampilan salah satu permainan bola besarsesuai hasil analisis dan kategorisasi
.

Sepakbola





































Mengamati
·         Mengamati peragaan yang dilakukan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten tentang teknik dasar yang ada dalam permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang).

Menanya
·           Setiap peserta didik secara bergantian mengajukan pertanyaan mengenai teknik dasar (mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang)
Eksplorasi
·           Mencari berbagai informasi tentang teknik dasar yang ada dalam permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang)  melalui Video, TV, media yang lain ataupun pengamatan langsung.
·           Mendiskusikanketerampilan gerak teknik mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang dan membuat kesimpulannya.
·           Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara memperbaiki kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar  keterampilan gerak permainan sepakbola..
·           Mendiskusikan cara memperbaiki kesalahanyang sering dilakukan saat melakukan   keterampilan gerak permainan sepakbola dan membuat kesimpulannya.
·           Peserta didik mencoba mempraktikkan  teknik dasar permainan sepak bola dengan benar sesuai dengan  yang diperagakan oleh guru
Mengasosiasi
·           Memilih/memutuskan cara mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola dengan baik sesuai dengan arah datangya bola.
·           Memutuskan cara mengumpan, dan menembak bola dengan baik sesuai dengan arah sasaran.
Mengkomunikasikan
·           Bermain sepakbola  menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan teknik menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang yang telah dipelajarinya serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.

Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan gerak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

5X 3 JP

·   Bola sepak
·   Lapangan sepakbola
·   Tiang gawang
·   Tiang pancang
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI
·   TV/Vidro


























Permainan Bolavoli

Mengamati
·          Mengamati peragaan yang dilakukan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten tentang teknik dasar permainan bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash).

Menanya
·            Setiap peserta didik secara bergantian mengajukan pertanyaan mengenai teknik dasar permainan bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) yang telah diamati.
Eksplorasi
·            Mencari berbagai informasi tentang teknik dasar permainan bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  melalui Video, TV, media yang lain ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
·            Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara memperbaiki kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar keterampilan gerak permainan bolavoli.
·            Memperagakan teknik dasar permainan bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) dengan benar sesuai degan yang diperagakan oleh guru
Mengasosiasi
·            Memilih/memutuskan passing yang harus dilakukan sesuai dengan arah datangya bola maupun kecepatanya.
·            Memilih/memutuskan jenis servis dan kecepatan bola yang akan digunakan untuk menyulitkan lawan.

Mengkomunikasikan
·            Bermainbolavoli dengan menerapkan teknik permainan yang telah dipelajarinya menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.


Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan gerak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

·   Bola voli
·   Lapangan bolavoli
·   Net/jaring
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.
·   TV/Video


PermaiananBolabasket

Mengamati
·         Mengamati peragaan yang dilakukan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten tentang teknik dasar permainan bola basket  (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring).

Menanya
·           Setiap peserta didik secara bergantian mengajukan pertanyaan mengenai teknik dasar permainan bola basket  (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring) yang telah diamati.
Eksplorasi             
·           Peserta didik diberikan tugas untuk mencari berbagai informasi tentang teknik dasar permainan bola basket  (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring) melalui Video, TV, media yang lain ataupun pengamatan langsung.           
·           Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara memperbaiki kesalahan yang sering dilakukan saat mempraktekken gerak teknik dasarpermainan bola basket dan membuat kesimpulannya.
·         Peserta didik memperagakanberbagai teknik dasar keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola ke ring basket dengan benar sesuai yang diperagakan.

Mengasosiasi
·         Menganalisis gerakan teknik dasar permaian bola basket dengan memilah gerakan-gerakan untuk diterapkan dalam permainan. t

Mengkomunikasikan
·         Bermainbolabasket dengan menerapkan teknik yang telah dipelajari menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain

Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan gerak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

·   Bola basket
·   Lapangan bola basket
·   Ring/basket
·   Peluit
Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud







SILABUS : SMA/MA/SMK/SMAK



Mata Pelajaran                   :     Penjasorkes
Kelas                                    :     XI
Kompetensi Inti                 :              
1.      Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR


1.1      Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2      Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta






2.1    Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2    Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3    Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5    Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7    Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.

3.2  Menganalisis dan mengkategorikan  keterampilan gerak salah satu  permainan bola kecil  serta menyusun rencana perbaikan.
.
4.2.   Mempraktikkan perbaikan keterampilan salah satu permainan bola kecilsesuai hasil analisis dan kategorisasi.
.

Permainan Softball





























Mengamati
·       Mengamati peragaan yang dilakukan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten tentang teknik dasar keterampilan gerak permainan softball.

Menanya
·       Secara bergantian menyampaikan pertanyaan berkenaan dengan  teknik dasar permainan softball

Eksplorasi
·       Peserta didik diberikan tugas untuk mencari berbagai informasi tentang teknik dasar keterampilan gerak permainan softball melalui Video, TV, media yang lain ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
·       Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara perbaikan kesalahanyang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar keterampilan gerak permainan softball.
·       Memperagakan berbagai pola keterampilan gerak memegang bola, menangkap bola, melempar bola, dan melambungkan bola.

Mengasosiasi
·       Menganalisi bentuk pukulan dan arah jalanya bola sesuai dengan yang dikehendaki pada saat memukul bola.

Mengkomunikasikan
·       Bermainsoftball menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menerapkan teknik  melempar, menangkap, dan memukul bola softball yang telah dipelajari dan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.

Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan gerak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

3 X 3 JP

·   Glove
·   Bola softball
·   Stik
·   Lapangan softball
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.
·   TV/Video



















Permainan Bulutangkis

Mengamati
·       Memperhatikan gerakan teknik dasar permainan bulu tangkis yang diperagakan oleh guru atau peserta didik yang mampu  (pukulan forehand, back-hand, servis, dan smesh)
Menanya
·       Peserta didik menyampaikan pertayaan secara bergantian berkaitan dengan teknik dasar permainan bulutangkis
Eksplorasi
·       Menggali informasi berkaitan dengan teknik dasar permaian bulu tangkis dari buku atau pun media yang lainnya
·       Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara perbaikan kesalahan yang sering dilakukan saat memperagakangerakan teknik dasar permainan bulutangkis.
·       Memperagakan berbagai pola keterampilan gerak memegang raket,memukul, smesh yang dilakukan dalam bentuk bermain.
Mengasosiasi
·       Membandingkan pukulan forehand dan backhann serta memilih pukulan yang harus dilakukan sesuai dengan arah datangya bola dan arah yang harus dituju.
Mengkomunikasikan
·       Bermainbulutangkis  menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menerapkan  teknik permainan yang telah diperolehnya dan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.

Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan gerak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

·   Raket
·   Shuttlecock
·   Lapangan bulutangkis
·   Net/jarring bulutangkis
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.
·   TV/Video


Permainan Tenis Meja
Mengamati
·      Memperhatikan gerakan teknik dasar permainan tenis meja yang diperagakan oleh guru atau peserta didik yang mampu  (pukulan forehand, back-hand, servis, dan smesh)

Menanya
·      Menyampaikan pertayaan secara bergantian  berkaitan dengan teknik dasar permainan tenis meja

Eksplorasi
·      Peserta didik menggali informasi berkaitan dengan teknik dasar permaian tenis meja dari buku atau pun media yang lainnya.
·      Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara memperbaiki kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan pola keterampilan gerak permainan tenis meja.
·      Memperagakan berbagaiteknik dasar keterampilan gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, dan memukul bola  dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain.

Mengasosiasi
·      Membandingkan pukulan forehand dan backhann serta memilih pukulan yang harus dilakukan sesuai dengan arah datangya bola dan arah yang harus dituju.

Mengkomunikasikan
·      Bermain tenis meja  menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menrapkan  teknik permainan yang telah diperolenya dan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.

Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan gerak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

·   Bet/pemukul
·   Bola ping-pong
·   Meja ping-pong
·   Net/jarring tenis meja
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.


















SILABUS : SMA/MA/SMK/SMAK



Mata Pelajaran                   :     Penjasorkes
Kelas                                    :     XI
Kompetensi Inti                 :              
1.    Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR




1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2    Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta






2.1    Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2    Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3    Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5    Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7     Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.

3.3Menganalisis dan mengkategorikan  keterampilan gerak salah satu  nomor  atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar) serta menyusun rencana perbaikan

4.3Mempraktikkan perbaikan keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar) sesuai hasil analisis dan kategorisasi.
Atletik (Lompat jauh)
































Mengamati
·      Memperhatikan gerakan teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) yang diperagakan guru atau peserta didik yang mampu.

Menanya
·      Peserta didik menyampaikan pertayaan secara bergantian  berkaitan dengan teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara.

Eksplorasi
·      Peserta didik menggali informasi berkaitan dengan teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dari buku atau pun media yang lainnya
·       Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan perbaikan kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah gaya berjalan di udara (awalan/ ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat).
·      Memperagakan berbagai variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan/ancang-ancang,  tumpuan, saat melayang di udara dan mendarat lompat jauh gaya berjalan di udara..

Mengasosiasi
·       Menentukan awalan dan tumpuan dengan tepat untuk mendapatkan lompatan yang baik.

Mengkomunikasikan
·      Melakukan perlombaan lompat jauhmenggunakan gaya berjalan di udara menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan teknik yang telah dipelajarinya dan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung-jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.

Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan gerak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak
















4 X 3 JP

·   Lintasan/track atletik
·   Bak lompat jauh
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI,Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.


























Atletik (Lompat Tinggi)

Mengamati
·      Memperhatikan gerakan teknik lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan) yang diperagakan guru atau peserta didik yang mampu.

Menanya
·      Peserta didik menyampaikan pertayaan secara bergantian  berkaitan dengan teknik lompat tinggi gaya straddle.

Eksplorasi
·      Menggali informasi berkaitan dengan teknik lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan) dari buku atau pun media yang lainnya
·       Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara perbaikan kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu mendarat).
·       Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan, tumpuan, sikap tubuh di atas mistardan sikap tubuh saat mendarat lompat tinggi gaya straddle.

Mengasosiasi
·       Menentukan awalan dan tumpuan dengan tepat untuk mendapatkan lompatan yang baik.

Mengkomunikasikan
·       Melakukan perlombaan lompat tinggi gaya straddle dengan menerapkan teknik yang telah dipelajariya menggunakan peraturan sesungguhnya dan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain

Unjuk kerja:
Untuk mengukur keterampilan gerak aspek psikomotor

Observas: Untuk mengukur keterampilan gerak dan perilaku selama aktifitas

Portofolio:
Tulisan atau hasil kerja berupa kajian konsep dan prinsip permainan serta keterampilan gerak

Tes:
Prinsp dan  konsep keterampilan gerak

·   Lintasan/track atletik
·   Bak lompat tinggi
·   Tiang mistar
·   Peluit
·   Sumber: Buku Penjasorkes SMA Kelas XI, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar