Jumat, 06 November 2015

IPA SD



Nama               : Yugi nurjanah
NIM                : 824573254
Mata kuliah      : Pembelajaran IPA di SD
Semester          : 3

Tugas mandiri 2
1.      Jelaskan konsep pendekatan ketrampilan observasi pada pembelajaran IPA di SD?

Jawab : Keterampilan yg dikembangkan dengan menggunakan semua indra yang kita miliki atau alat bantu indra untuk mendapatkan informasi dan mengidentifikasi serta memberikan nama sifat-sifat/karakteristik dari objek atau kejadian.

2.      Jelasakan ketrampilan dasar menurut esler dan esler?

Jawab : Menurut esler dan esler Ketrampilan proses dasar meliputi ketrampilan mengobservasi, mengklasifikasi, mengukur, mengkomunikasikan, menginferensi, memprediksi, mengenal hubungan ruang dan waktu, serta mengenal hubungan-hubungan angka.

3.      Jelaskan secara singkat jenis ketrampilan mengkomunikasikan, keterampilan menginferensi, dan ketrampilan memprediksi ?

Jawab :
·        Keterampilan mengkomunikasi : Menyampaikan hasil pengamatan yang berhasil dikumpulkan atau menyampaikan hasil penyelidikan, yang dapat dikembangkan dengan cara menghimpun informasi dari grafik atau gambar yang menjelaskan benda-benda/kejadian-kejadian secara rinci.
·        Keterampilan menginferensi : Keterampilan membuat kesimpulan sementara dari yang kita observasi dengan menggunakan logika.
·        Ketrampilan memprediksi : Keterampilan menduga/memprakirakan/meramal beberapa kejadian/keadaan yang akan datang berdasarkan dari kejadian yang terjadi sekarang.

4.      Jelaskan secara singkat keterampilan proses IPA yang terintegrasi sebagai sebuah metode pembelajaran di sekolah dasar?

Jawab : Keterampilan proses IPA merupakan kombinasi dari keterampilan IPA dasar seperti mengobservasi, melakukan pengukuran. Keterampilan ini biasanya diperkenalkan kepada siswa yang telah memiliki keterampilan dasar IPA yang mendasar.
5.      Sebutkan tujuan penggunaan media dalam pembelajaran ?

Jawab :
§  Meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran
§  Memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran
§  Memberikan arahan tentang tujuan yang akan dicapai
§  Menyediakan evaluasi mandiri
§  Memberi rangsangan kepada guru untuk kreatif
§  Menyampakian materi pembelajaran
§  Membantu pebelajar yang memiliki kekhususan tertentu

6.      Sebutkan langkah-langkah penyusunan alat peraga IPA sehingga mampu menjadi alat peraga yang sempurna ?

Jawab :
a.       Menentukan metode dan pendekatan apa yang sesuai
b.      Apakah diperlukan alat peraga?
c.       Mempertimbangkan kelayakan alat peraga yg dipilih, meliputi kelayakan praktis, kelayakan teknis/kelayakan pedagosis, dan kelayakan biaya

7.      Jelaskan konsep pembelajaran terpadu ?

Jawab :
Pembelajar terpadu ialah :
1)      Pembelajaran yang beranjak dari suatu tema tertentu sebagai pusat perhatian yang digunakan untuk memahami gejala-gejala dan konsep lain baik yang berasal dari bidang studi yg bersangkutan maupun dari bidang studi lainnya.
2)      Suatu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai bidang studi yang mencerminkan dunia nyata
3)      Suatu cara untuk mengajarkan pengetahuan dan keterampilan secara simultan
4)      Merakit atau menghubungkan sejumlah konsep dalam beberapa bidang studi yang berbeda dengan harapan siswa akan belajar lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar